Home Cerita Inspirasi Kata-kata yang Memotivasi

Kata-kata yang Memotivasi

2092
0
SHARE

Kata-kata yang Memotivasi

Kata-kata yang memotivasi banyak orang memilikibanyak karakteristiknya. Karena tidak semua kata-kata yang dikeluarkan dapat memotivasi seseorang, banyak kata-kata yang justru menyakiti dan menjatuhkan seseorang. Kata-kata yang merupakan produk dari suara atau dari pikiran yang kita keluarkan memang terkadang memiliki banyak makna yang berbeda ditafsirkan oleh beberapa orang yang berbeda. Terkadang orang-orang tertentu menganggap kata-kata yang dikeluarkan seseorang biasa-biasa saja, namun pada orang-orang tertentu justru memiliki makna yang dalam entah itu memotivasi atau pun malah menyakiti. Semua itu tergantung dari bagaimana seseorang menanggapi dan menerima kata-kata yang didengar atau dibaca tersebut.

Kata-kata yang Memotivasi
Kata-kata yang Memotivasi

Karena beberapa hal di atas, maka kata-kata yang memotivasi memiliki beberapa karakteristik tertentu, seperti :

  1. Mengandung unsur positif

Mengandung unsur positif artinya adalah kata-kata yang dikeluarkan memiliki makna dan artian yang positif. Positif di sini artinya baik, baik yang dimaksudkan adalah tidak mengedepankan unsur-unsur yang negatif yang justru tidak membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik setelah membaca atau mencermati kata-kata ini.

  1. Tidak deskriminasi

Artinya yaitu, kata-kata yang dikeluarkan tidak memojokkan kelompok tertentu, melainkan harus bersifat netral. Hal ini jugalah yang menyebabkan banyak orang yang mengasumsikan kata-kata motivasi sebagai kata-kata bijak. Karena kata-kata yang ada tidak memberatkan suatu kelompok saja melainkan bersifat netral.

  1. Mengarahkan pada hal yang baik

Kata-kata motoivasi yang dikeluarkan merupakan kata-kata yang baik, artinya kata-kata tersebut lebih mengarahkan pada perubahan individu tertentu menjadi lebih baik lagi.

Beberapa karakteristik yang telah disebutkan di atas merupakan karakteristik yang harus dimiliki atau dipenuhi dalam pembuatan kata-kata mutiara atau kata-kata bijak yang biasa dipublikasikan pada khalayak umum. Selain itu, karena kata-kata yang dikeluarkan atau ditulis oleh orang-orang tertentu dapat menciptakan makna yang berbeda pada setiap individu yang membaca atau mendengarnya, maka kata-kata yang digunakan untuk memotivasi seseorang yang baik adalah dengan menggunakan kata-kata umum yang mudah dipahami oleh semua orang dan memiliki satu makna dan satu tujuanĀ  yang diharapkan. Sehingga akan meminimalisir berbagai kesalahpahaman makna atau berbagai pandangan makna yang berbeda dari setiap individu yang membaca atau mendengarnya. Jadi, kata-kata yang dapat memotivasi banyak orang adalah kata-kata yang merupakan kata-kata pilihan yang telah dipertimbangkan dengan baik seperti unsur bahasa, makna dan isi kata-kata tersebut, serta rangkaian bahasa yang mempertimbangkan estetikanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here