Home Cerita Inspirasi Kata-kata Mutiara Membaca

Kata-kata Mutiara Membaca

3075
0
SHARE

Kata-kata Mutiara Membaca

Kata-kata mutiara membaca adalah kata-kata indah dan bijak untuk mempengaruhi seseorang melakukan kegiatan membaca. Kata-kata mutiara seperti ini bisa juga disebut dengan kata-kata persuatif karena sifatnya yang memang mempengaruhi pembacanya. Alas an mengapa dibuatnya kata-kata mutiara membaca ini karena membaca adalah suatu hal yang sangat penting bagi suatu bangsa. Jika banyak yang mengasumsikan bahwa dengan membaca kita telah membuka jendala dunia, maka itu adalah benar, karena dengan membaca semua hal yang ada di dunia ini, mulai dari pengetahuan hingga hal-hal yang tabu dapat kita ketahui dengan jelas dan dengan penjelasan yang lengkap. Namun kerap kali membaca dianggap sebagai sesuatu yang membosankan sehingga banyak orang yang mulai meninggalkan budaya membaca ini. Untuk itulah perlu adanya kata-kata mutiara membaca sebagai pemompa kembali atau sebagai bentuk usaha agar budaya membaca di kalangan masyarakat tidak hilang, sehingga masyarakat tersebut bisa menjadi bangsa yang cerdas dan mengembangkan negaranya menjadi Negara maju.

Kata-kata mutiara membaca
Kata-kata mutiara membaca

Budaya membaca yang sudah mendarah daging dan sudah menjadi kebiasaan yang susah dihilangkan memang terjadi di Negara-negara maju seperti amerika. Mereka beranggapan bahwa membaca adalah suatu kebutuhan sehingga tanpa adanya perintah apapun dan dari siapapun mereka akan membaca sesuka hati mereka. Kebiasan-kebiasaan dan pandangan positif Negara-negara maju seperti ini baik ditiru oleh Negara-negara berkembang seperti Indonesia. Kebiasaan membaca yang sudah mendarah daging akan lebih membuat seseorang menggali pengetahuan tanpa adanya paksaan sehingga ilmu atau pengetahuan yang dibaca pun akan lebih mudah untuk diserap.

Salah satu bentu usaha agar kebiasaan-kebiasaan tersebut tertular kepada bangsa-bangsa di Negara berkembang seperti Indonesia adalah dengan memberikan sugesti atau pengaruh kepada masyarakatnya tentang manfaat membaca melalui kata-kata mutiara yang indah sehingga tidak terkesan menggurui. Kata-kata yang dibuat lebih banyak mengungkapkan tentang bagaimana manfaat atau keuntungan seseorang ketika senang membaca, apa saja yang dapat diketahui ketika kita gemar membaca dan lain sebagainya dengan menggunakan bahasa-bahasa kiasan atau perbandingan seperti misalnya “jendela dunia” itu emrupakan salah satu perumpamaan yang sangat indah dalam kata mutiara untuk membaca ini. Karena jendela memang sebuah alat di mana kita bisa melihat keseluruhan isi yang ada dalam rumah tersebut yang dalam hal ini adalah dunia. Jadi pemilihan atau penggunaan kata-kata perumpamaan atau kiasan sangat dianjurkan dalam pembuatan kata-kata bijak membaca ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here