Home Blog FILM MOTIVASI DIRI

FILM MOTIVASI DIRI

63
0
SHARE

Film Motivasi Diri – Wanita Indonesia dididik untuk menjadi seorang wanita mandiri yang bukan hanya berada di balik layar saja, tetapi juga mau berdaya, berkarya, dan bersekolah. Terlepas dia seorang ibu rumah tangga yang kesehariannya kelak berada di rumah untuk mengurus suami, anak, dan pekerjaan rumah lainnya. Ada banyak film yang menayangkan betapa hebatnya seorang wanita Indonesia, salah satu yang paling fenomenal adalah film “Kartini”.

Film motivasi diri sebagai wanita Indonesia yang cerdas ini, memiliki banyak pesan moral yang dapat kamu ambil, terutama jika kamu adalah wanita. Meskipun hidup dalam kungkungan keterbatasan, ibu kita Kartini merupakan sosok wanita yang cerdas dan dapat membawa dirinya dengan baik. Bagaimana tidak, Ibu Kartini dikurung di dalam sebuah rumah, dan tidak boleh mengenyam pendidikan karena beliau adalah seorang wanita. Pantas saja, wanita pada zaman itu hanya diperbolehkan mengurus rumah tangga, tidak boleh pergi ke mana pun, apalagi sekolah. Tetapi dengan kecerdasannya, beliau mampu merubah dunia hanya di dalam rumah dengan surat-surat fenomenalnya.

Sebagai wanita Jawa, beliau menikah dengan paksaan pada usia 24 tahun. Pernikahan paksaan yang tidak dilandasi dengan rasa cinta. Pada zaman saat itu, seorang wanita jawa memang hanya akan menikah karena paksaan dari orang tua, tidak boleh ke mana pun, dan harus selalu menurut dengan kehendak orang tua. Beliau menikah dengan seorang bernama K.R.M Adipati Aryo yang sebelumnya sudah memiliki tiga orang istri. Beruntung, suami Ibu Kartini mengerti apa yang menjadi keinginan dan cita-cita istri termudanya untuk mengubah nasib wanita Indonesia menjadi lebih baik lagi. Salah satunya yaitu melalui pendidikan. Setelah menikah, Ibu Kartini kemudian berhasil mendirikan sekolah wanita di Rembang, Jawa Tengah.

Setelah hamil dan melahirkan anak pertama, Ibu Kartini tutup usia dengan umur yang sangat muda yakni 25 tahun. seperti halnya gajah yang meninggalkan gading ketika mati, Ibu Kartini masih tetap hidup dengan karya berupa surat-surat yang ditulisnya. Karya tersebut kemudian dibubukan dengan judul “Habis gelap terbitlah terang”.

Pada film motivasi diri berjudul Kartini, juga disebutkan bahwa surat-surat tersebut merupakan ungkapan hati ibu Kartini yang ingin menjadi wanita Eropa yang bebas. Beliau menginginkan seorang wanita Indonesia dapat mengenyam pendidikan dan mendapatkan haknya sebagai manusia yang butuh aktualisasi diri tanpa harus mendurhakai orang tua. Menilik pada fakta tersebut, seharusnya dapat menjadi inspirasi bagi kamu sebagai wanita masa kini, untuk mempergunakan fasilitas pendidikan yang disediakan dengan baik demi menambah nilai dirimu sebagai wanita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here