Home Blog MOTIVASI DIRI PELAJAR

MOTIVASI DIRI PELAJAR

11
0
SHARE

Motivasi Diri Pelajar – Menjadi pelajar atau mahasiswa tidak serta merta membuat kita harus selalu belajar, belajar, dan belajar tanpa memedulikan aspek lain yang mungkin saja akan membuat kita menjadi orang yang sukses ke depannya. Motivasi diri pelajar yang kita tanamkan dalam benak, biasanya bertujuan untuk memberikan kebanggaan kepada orang tua dengan nilai bagus saja. Padahal pada zaman milenial seperti saat ini, nilai bagus tanpa adanya eksplorasi akan kemampuan lain, seorang pelajar akan kesulitan dalam terjun langsung ke dunia kerja.

Seyogianya, kita sebagai pelajar dan mahasiswa harus mulai paham konsep tentang hubungan sosial dan bakat yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi kita. Kesulitan yang akan kita dapatkan adalah orang tua yang masih berpikiran kuno, misalnya menganggap jika pemberian les matematika jauh lebih penting ketimbang les melukis, musik, atau lainnya. Lantas, apa saja tindakan yang mesti kita lakukan untuk mendapatkan motivasi diri menjadi pelajar yang berguna nantinya? Berikut ini ulasannya.

  1. Buktikan bakat lain kita kepada orang tua;

Siapa, sih, orang tua yang tidak akan bangga jika anaknya mendapatkan nilai rapor yang tinggi? Semua orang tua pasti akan bangga mendapatkannya. Tetapi tugas kita sebagai seorang pelajar dan mahasiswa zaman sekarang, sebaiknya mulai membantu orang tua memahami bahwa nilai bagus saja tidaklah cukup untuk mengukir kesuksesan suatu saat nanti. Tunjukan bakat lain kepada mereka, misalnya kita yang suka menulis, maka berikan pembuktian bahwa kita benar-benar memiliki bakat dengan menulis, melalui prestasi dari perlombaan, atau karya yang diakui orang lain, dan sebagainya.

  1. Membiasakan diri untuk aktif organisasi;

Cara kedua yang dapat kita lakukan adalah membiasakan diri untuk gemar mengikuti kegiatan sosial dan aktif dalam organisasi yang difasilitasi oleh pihak sekolah, kampus, maupun masyarakat. Dengan mengikuti organisasi kita akan terbiasa akan pelbagai macam problematika, dan mengasah kepekaan sosial kita.

  1. Buat goal atau tujuan ke depan;

Selagi kita masih berstatus sebagai seorang pelajar, maka buatlah daftar tujuan dan pencapaian. Misalnya, pada usia dua puluh tahun, kita harus menjadi seorang penulis lima buku, pada usia dua puluh lima tahun, kita sudah terbiasa dengan pekerjaan dan hobi, pada usia dua puluh tujuh tahun kita sudah siap membina keluarga dengan tetap menjalankan pekerjaan, serta hobi, dan lain sebagainya.

Motivasi diri pelajar di atas juga berguna bukan hanya berguna buat kita, tetapi juga rekan sebaya kita. Karena sama-sama berjuang meraih mimpi dalam hal yang positif itu mengasyikkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here