Home Blog MOTIVASI DIRI AGAR SEMANGAT BELAJAR

MOTIVASI DIRI AGAR SEMANGAT BELAJAR

10
0
SHARE

Motivasi Diri agar Semangat Belajar – Untuk membangkitkan semangat belajar, kamu sebagai seorang mahasiswa harus memiliki motivasi besar untuk mendapatkan Indeks Prestasi yang tinggi. Lebih daripada itu, memberikan motivasi diri agar semangat belajar juga bertujuan agar ilmu yang kamu terima di bangku kuliah dapat berkontribusi bagi masyarakat. Memberikan motivasi diri agar semangat belajar perlu kamu gelorakan selalu, selain bertujuan seperti yang diungkapkan di atas, juga untuk membentuk dirimu menjadi lebih baik ketimbang sebelumnya.

Agar kamu menjadi manusia yang lebih baik, salah satunya dapat kamu lakukan dengan mengaplikasikan ilmu di bangku kuliah yang kamu dapat, ke dalam lingkungan kerja. Bukan tidak mungkin, berkuliah sambil bekerja akan membentukmu menjadi sosok mandiri dan tangguh. Karena pada dasarnya, motivasi diri agar semangat belajar bukan hanya belajar di bangku kuliah saja, tetapi juga di lingkungan kerja.

Berikut ini manfaat yang dapat kamu peroleh jika kuliah sambil kerja.

  1. Menjadi mahasiswa yang mandiri;

Berkuliah sambil kerja membutuhkan suatu konsistensi dan manajemen waktu yang baik. Pada dasarnya, seorang mahasiswa yang juga bekerja merupakan sosok hebat yang pantang menyerah, tangguh, serta mandiri. Bagaimana tidak, setelah para pekerja lain pulang ke rumah, atau berjalan-jalan dengan teman setelah seharian berada di tempat kerja, para pejuang kuliah sambil kerja malah datang ke kampus untuk menuntut ilmu.

  1. Menghargai nilai dari uang;

Seorang yang kuliah sambil kerja juga cenderung lebih memahami nilai dari uang. Berbeda dengan mahasiswa yang hanya mengandalkan uang transferan dari orang tua, mahasiswa yang bekerja lebih memahami arti dari uang karena mengetahui bagaimana susahnya mencari uang.

  1. Lebih banyak relasi;

Seorang mahasiswa yang juga bekerja juga akan memiliki relasi yang luas, dan lebih memahami karakter dari berbagai macam orang. Hal tersebut selanjutnya dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi mahasiswa di masa depannya. Setelah lulus dari kuliah, mahasiswa cenderung lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang lebih baik daripada sebelumnya.

  1. Dapat meringankan beban orang tua;

Berkuliah sambil bekerja untuk memberikan suntikan motivasi diri agar semangat belajar, juga sedikit banyak pasti akan meringankan beban orang tua. Setidaknya, kamu mampu membayar kos atau sekadar membeli uang jajan sendiri dari hasil kerjamu. Lebih baik lagi jika kamu mampu membiayai kuliahmu sendiri.

Pada dasarnya, setiap manusia tidak bisa memilih suatu hal dengan adil, harus ada yang menjadi titik berat. Antara kuliah dan bekerja pasti sama-sama penting, tetapi ingat, rezeki dapat berupa apa saja, termasuk ilmu. Itulah sebabnya, kamu harus menitikberatkan kuliah, tetapi juga jangan mengesampingkan pekerjaan, untuk memberikan motivasi diri agar semangat belajar, dan menjadi orang yang lebih baik daripada sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here