Home Blog MOTIVASI SUKSES TANPA KULIAH

MOTIVASI SUKSES TANPA KULIAH

4
0
SHARE

Motivasi Sukses Tanpa Kuliah – Pendidikan memang penting bagi semua orang. Kadangkala, tingginya gelar pendidikan seseorang dijadikan tolak ukur kesuksesan. Padahal, kesuksesan itu lebih luas maknanya dari hanya sekedar tingginya pendidikan saja, tetapi lebih kepada usaha dan tekad seseorang dalam meraihnya.

Dewasa ini, untuk mendapatkan ilmu tidak hanya mengandalkan dari bangku kuliah semata. Berkembangnya teknologi dan informasi yang sangat canggih tentu saja dapat dimanfaatkan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, untukmu yang memiliki mimpi untuk kuliah, tetapi tidak mempunyai cukup dana, kamu tidak perlu khawatir. Meskipun kamu tidak kuliah, bukan berarti pintu kesuksesan tertutup begitu saja. Begitu banyak peluang sukses untukmu, dan berikut ini akan admin paparkan beberapa motivasi sukses tanpa kuliah yang bisa kamu terapkan untuk meraih keberhasilan.

  1. Perbaiki pola pikir/ mindset dalam dirimu bahwa meskipun tidak kuliah, kamu selalu berkesempatan meraih kesuksesan;

Mindset adalah suatu pola pikir yang mengendalikan hampir dari seluruh perilaku manusia. Untuk meraih kesuksesan, tentu diperlukan mindset yang mendukung. Mindset seperti apa sih yang perlu dibentuk agar kita bisa terbiasa melakukan hal-hal yang mendukung kesuksesan kita kelak?

Membentuk mindset bisa dilakukan dari mempelajari cerita dari orang-orang sukses; apa saja yang dilakukannya sehingga bisa menjadi orang sukses, mengapa belajar memegang peranan penting dalam kesuksesan, atau mengapa kita harus merubah kebiasaan yang buruk agar menjadi orang sukses. Mindset yang terbentuk dengan baik akan mempengaruhi tindakan atau perbuatan seseorang. Jadi, jika kamu ingin sukses, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merubah mindset itu sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

  1. Gelar sarjana dan IPK tidak selalu menjadi tolak ukur meraih kesuksesan; soft skill adalah penentu keberhasilan seseorang di dunia kerja;

Di dunia sesungguhnya, gelar sarjana dan tingginya IPK hanya akan mengantarmu sampai di gerbang wawancara kerja. Selanjutnya, tentu saja ditentukan oleh kemampuan diri sendiri. Apakah soft skill bisa didapatkan lewat duduk-duduk manis sambil mendengarkan dosen memberikan materi kuliah? Tentu saja tidak. Justru, soft skill dibentuk dari kebiasaan kita mengikuti organisasi, pelatihan-pelatihan informal, menjalin relasi dengan banyak orang dan masyarakat. Soft skill sangat dibutuhkan, sebab kecerdasan intelektual saja tidak cukup untuk menunjang kemampuan seseorang dalam menjalani bidang kerja tertentu.

Jadi, tidak ada alasan bahwa tidak kuliah berarti menggadaikan kesuksesanmu, justru pembentukan soft skill lebih banyak diperoleh dari interaksi-interaksi sosial di masyarakat, dan tentu saja tidak diperoleh di bangku kuliah.

Itu dia dua poin motivasi sukses tanpa kuliah yang bisa kamu terapkan. Tidak kuliah bukan berarti tidak bisa mencapai mimpimu untuk sukses. Ketahuilah bahwa jalan sukses itu sangat banyak, dan menetapkan tujuan kesuksesan dengan jelas merupakan salah satu motivasi sukses tanpa kuliah. Jadi, sudah siap jadi orang sukses tanpa kuliah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here