Home Blog MOTIVASI DIRI KETIKA KECEWA

MOTIVASI DIRI KETIKA KECEWA

62
0
SHARE

Motivasi Diri Ketika Kecewa – Kecewa dan sakit hati adalah sikap manusiawi yang refleks terjadi ketika apa yang diinginkan seseorang tidak bisa dia dapatkan. Kekecewaan yang teramat dalam sering berdampak buruk kepada kesehatan seseorang, baik secara psikis maupun fisik. Untuk mendapatkan motivasi diri ketika kecewa, kamu perlu memiliki benteng atau pertahanan diri dalam menghadapi beragam kemungkinan yang terjadi. Jangan sampai karena mengecap kekecewaan, kamu kehilangan kepercayaan diri dan berakibat fatal bagi masa depanmu kelak.

Oleh sebab itu, sedini mungkin kamu harus mempelajari bagaimana cara menetralisir kekecewaan tersebut.

  1. Selalu tersenyum dan berpikir positif;

Cara pertama untuk mendapatkan motivasi diri ketika kecewa dan cara menetralisir kekecewaan adalah dengan selalu tersenyum dan berpikir positif. Seburuk apa pun kekecewaan yang kamu dapatkan, jika dalam dirimu sudah terdapat benteng berpikir positif, maka mustahil kamu akan kehilangan kepercayaan diri. Melalui senyum dan pemikiran positif, kamu mampu memahami bahwa gagal dan kecewa jaraknya sangat dekat dengan keberhasilan. Asal kamu mampu mengelola kekecewaan tersebut dengan pemikiran yang positif, kamu akan semakin percaya diri dan tangguh dalam menghadapi permasalahan hidup.

  1. Jadikan masa lalu sebagai pengalaman berharga yang tidak perlu dilupakan;

Sering kali masa lalu yang kelam dan menyakitkan menjadi alasan mengapa kamu mengalami kekecewaan yang mendalam. Salah jika masa lalu yang menyakitkan tersebut kamu enyahkan dan mencoba berlari untuk menghilangkan rasa sakit. Yang perlu kamu lakukan adalah memeluk masa lalu tersebut dan berdamai dengan keadaan. Karena percuma sejauh apapun kamu berlari untuk melupakan masa lalu, kamu akan tetap terikat dengannya. Semakin kencang kamu berlari, semakin kamu akan merasa terbebani. Namun, berbeda halnya ketika kamu memeluk masa lalu dan berdamai dengannya. Dia bahkan akan menjadi teman terbaik yang memberikanmu banyak pelajaran hidup.

  1. Jangan lagi terlalu berharap, apa lagi sampai menggantungkan diri dengan manusia;

Poin lain yang tidak boleh kamu lupakan, adalah jangan lagi berharap dan bergantung terlalu kuat dengan manusia, sedekat apa pun hubunganmu dengannya. Ibarat kata, meskipun dia adalah keluargamu sendiri, tetapi dia memiliki pola pikir dan pandangan hidup yang berbeda denganmu. Terlalu menggantungkan diri dengan manusia justru akan memupuk bibit kekecewaan yang ada dalam hatimu sebagai manusia biasa.

Motivasi diri ketika kecewa yang tidak boleh kamu lupakan selain beberapa poin di atas adalah melalui berbaik sangka kepada Allah sebagai Tuhan yang Maha Kuasa. Kamu perlu mempertebal rasa keimananmu kepada-Nya, dan percaya apa yang dia berikan adalah yang terbaik bagimu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here