Home Blog MOTIVASI DIRI KETIKA SAKIT

MOTIVASI DIRI KETIKA SAKIT

15
0
SHARE

Motivasi Diri Ketika Sakit – Sakit, baik itu sakit secara psikis maupun fisik adalah siklus tubuh manusia yang amat normal. Terkadang ketika sedang sakit, manusia justru menyalahkan keadaan, bahkan sampai menyalahkan Allah sebagai Tuhannya. Padahal, di balik rasa sakit tersebut, terdapat manfaat dan faedah yang tersembunyi. Bahkan terkadang, ada pesan besar dari Allah kepada manusia untuk mau selalu bertakwa kepada Allah Sang Kholik.

Motivasi diri ketika sakit harus selalu kamu miliki mengingat sebagai manusia biasa kamu tidak tahu kapan atau di mana kamu akan merasakan sakit. Jika rasa sakit tersebut sudah mulai menyerang, ada beberapa tips dan cara untuk mengelola rasa sakit tersebut menjadi lebih bermakna. Berikut ini ulasan selengkapnya.

  1. Ridha atas ketetapan Allah;

Rasa sakit yang menyerang hendaknya menjadi pelajaran bagimu untuk lebih bersyukur kepada Allah, di mana kamu harus lebih mampu mengutarakan bahwa Allah adalah Dzat Maha Kuasa yang memberikan kenikmatan berupa kesehatan, yang apabila ditilik nilainya amat berharga dan tak terhingga.

  1. Tidak melulu fokus pada cobaan berupa penyakit;

Sering orang yang sakit terlalu fokus dengan cobaan dan penyakit yang dia derita sampai lupa siapa yang memberikan ujian tersebut. Seharusnya, kamu bisa lebih menerima keadaan dan paham sumber dari semua ujian dari Allah, oleh sebab itu jangan sampai melupakan Allah dalam segala tindakanmu, apa lagi sampai musyrik dengan meminta kesembuhan pada selain Allah.

  1. Segera menunaikan kewajiban dan tanggung jawab kepada orang jika mampu;

Seperti halnya rezeki dan jodoh yang merupakan rahasia Allah, pun begitu dengan nyawa manusia. Selama kamu masih bisa menunaikan kewajiban dan tanggung jawabmu kepada orang lain, maka segera lakukanlah. Hal ini tentu saja untuk meringankan bebanmu ketika di akhirat nanti.

  1. Seburuk apa pun keadaanmu, jangan pernah berpikir untuk menginginkan kematian;

Meskipun kematian merupakan rahasia Allah, tetapi separah apa pun kondisimu jangan pernah berpikir untuk menginginkan kematian. Sebaliknya, kamu harus semakin rajin beribadah kepada Allah selama diberikan kesempatan sebelum mati.

Motivasi diri ketika sakit akan mengajarkanmu menjadi pribadi yang taat dan selalu bertawakal kepada Allah seberat apa pun penyakit yang kamu derita. Allah akan menghapus dosa-dosa seseorang yang sakit jika dia mau bertawakal, tidak putus asa, dan senantiasa mengharap ridha serta perlindungan Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here