Home Blog TOKOH-TOKOH TERKENAL DI INDONESIA

TOKOH-TOKOH TERKENAL DI INDONESIA

41
0
SHARE

Tokoh-tokoh Terkenal di Indonesia – Pada dasarnya, Indonesia memiliki banyak orang-orang hebat yang mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara. Beberapa puluh tahun yang lalu, Indonesia berhasil meraih kemerdekaan dari para penjajah yang menjarah Indonesia selama 350 tahun. Kemerdekaan yang dapat kamu nikmati saat ini juga bukan serta-merta diperoleh dengan cara mudah. Darah, air mata, dan nyawa menjadi taruhan para pejuang kita. Bagaimana mungkin saat ini, kamu yang sudah bisa makan dengan kenyang, sudah bisa bersekolah seperti selayaknya, sudah dapat bekerja dan berkarya, serta sudah bisa beribadah dengan bebas malah menyia-nyiakan begitu saja kemerdekaan Indonesia.

Maka dari itu, kamu perlu tahu tokoh-tokoh terkenal di Indonesia yang memperjuangkan negara agar anak cucunya bisa merasakan kemerdekaan hingga saat ini. Berikut ini beberapa tokoh proklamator Indonesia yang berperan krusial dalam meraih kemerdekaan Indonesia:

  1. Soekarno;

Beliau merupakan presiden pertama Indonesia yang paling berjasa dalam kemerdekaan Republik Indonesia. Beliau adalah anak bangsa yang lahir di Blitar dan menutup usia di Jakarta. Dalam proses proklamasi Indonesia, beliau berperan sebagai penyusun konsep teks proklamasi, menandatanganinya bersama Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia, dan membacakan teks proklamasi tersebut.

  1. Moh. Hatta;

Beliau adalah wakil presiden pertama di Indonesia yang berperan dalam penyusunan teks proklamasi Indonesia dan menandatangani teks proklamasi bersama Bung Karno.

  1. Achmad Soebardjo;

Anak bangsa bernama lengkap Achmad Soebardjo Djojoadisurjo berkedudukan sebagai menteri luar negeri pertama di Indonesia yang turut serta dalam penyusunan teks proklamasi.

  1. Laksamana Tadashi Maeda;

Meskipun beliau merupakan orang Jepang, namun beliau sangat bersimpati terhadap nasib bangsa Indonesia. Perannya sentral karena sudah menyediakan tempatnya sebagai penyusunan naskah proklamasi.

  1. Sukarni;

Sukarni merupakan orang yang mengusulkan dipercepatnya proklamasi Indonesia. Sukarni merupakan pejuang tangguh yang juga mengusulkan agar Bung Karno dan Bu Hatta yang menandatangani teks proklamasi.

  1. Fatmawati;

Ibu Fatmawati merupakan ibu negara yang pertama sebagai istri dari Ir. Soekarno. Beliau lah yang menemani Ir. Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Perannya dalam proses proklamasi adalah menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

  1. Sayuti Melik;

Beliau merupakan tokoh pemuda yang berperan mengetik naskah proklamasi yang kemudian dibaca oleh Ir. Soekarno.

Berkat perjuangan tokoh-tokoh terkenal di Indonesia tersebut, saat ini kamu dapat hidup bebas dalam negaramu sendiri tanpa tekanan penjajah. Jangan pernah menyiakan perjuangan tokoh-tokoh terkenal di Indonesia tersebut, lalu isilah kemerdekaan Indonesia dengan berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here