Home Blog KATA MOTIVASI DIRI REMAJA

KATA MOTIVASI DIRI REMAJA

71
0
SHARE

Kata Motivasi Diri Remaja – Jika berbicara mengenai masa remaja, ingatan kita sering terpelanting ke dalam masa-masa indah, di mana banyak cerita warna-warni yang membuat kita sering tersenyum sendiri. Remaja adalah masa di mana kita mulai merasakan indahnya getar cinta, tidak peduli meskipun orang lain menyebutnya sebagai cinta monyet.

Cinta monyet adalah cinta yang tumbuh di hati seorang remaja yang belum matang. Cinta monyet sering diartikan sebagai cinta yang belum serius, sesaat, dan jauh dari kata sejati. Tetapi, bagi para remaja sendiri sering kali mereka belum dapat merasakan bahwa apa yang terjadi di hatinya adalah cinta monyet. Jika tidak diberi pengertian lebih lanjut, bisa saja nantinya mereka akan terjerembab ke dalam cinta monyet yang menimbulkan dampak negatif.

Maka, di sinilah peran kita sebagai kakak atau orang tua untuk memberikan mereka kata motivasi diri remaja untuk menyelamatkan mereka dari jerat cinta sesaat. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

  1. Mengingatkan pada mereka mengenai usia;

Cara pertama untuk membuat mereka menyadari bahwa yang mereka rasakan adalah cinta monyet, adalah dengan berbicara halus yang mengingatkan jika usia mereka masih belasan tahun. Ketimbang hanya fokus pada cinta saja, lebih baik lebih fokus pada kegiatan ektrakurikuler, pengembangan hobi, keagamaan, dan tentu saja dengan sekolahnya.

  1. Menanyakan pada mereka siapa yang mereka sukai;

Cara kedua yang dapat kita lakukan untuk mengontrol adik atau anak remaja kita agar tidak terjerembab ke dalam cinta monyet adalah bertanya, siapa yang mereka sukai? Atas dasar apa mereka menyukainya? Maka, jika jawaban mereka hanya soal tampilan fisik dan untuk gengsi saja, maka berikan pengertian bahwa yang mereka rasakan adalah cinta monyet.

  1. Tanyakan kepada mereka, bagaimana hubungan mereka dengan orang yang disukai;

Cara selanjutnya adalah bertanya, bagaimana hubungan mereka dengan orang yang disukai. Misalnya, jika mereka selalu ingin mendapatkan perhatian dari orang yang mereka sukai, jika tidak maka mereka memaksakan diri untuk meraih perhatian tersebut. Maka, sikap egois seperti itu menunjukan bahwa mereka sebenarnya sedang mengalami cinta monyet.

Selain itu, kata motivasi diri remaja mengenai cinta yang dapat kita berikan, adalah memberikan mereka pemahaman jika cinta sebaiknya harus mengubah mereka menjadi pribadi yang semakin positif, misalnya dengan semakin rajin belajar, taat kepada Tuhan dengan tidak menyalahi aturan-Nya, dan sebagainya. Bukan malah membuat mereka menjadi orang lain yang rela melakukan apapun demi sesuatu yang mereka sebut cinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here