Home Blog SUMBER KOMUNIKASI MOTIVASI

SUMBER KOMUNIKASI MOTIVASI

48
0
SHARE

Sumber Komunikasi Motivasi – Sudah paham, kan, konsep manusia sebagai makhluk sosial. Nah, manusia sebagai makhluk sosial pasti menginginkan selalu berada dalam lingkungan atau komunitas sosial yang dapat menampung dirinya. Maksudnya menampung di sini adalah mampu membuat dirinya diterima di lingkungan lain, mampu mendengarkan uneg-uneg, menerima setiap pemikirannya, serta mampu mengembangkan dirinya menjadi pribadi yang lebih baik setiap waktu.

Tahu, tidak, bahwa komunitas sosial tersebut tidak harus sebuah organisasi atau komunitas seperti yang kita bayangkan. Komunitas sosial juga termasuk sekolah, kampus, pondok pesantren, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan, komunitas sosial tersebut merupakan salah satu sumber komunikasi bagi si individu buat selalu tumbuh dan memiliki karakter yang baik.

Omong-omong soal hal tersebut, sebenarnya sumber komunikasi tersebut buat apa, sih? Sumber komunikasi motivasi yaitu:

  1. Sebagai sarana untuk memberikan kepekaan diri terhadap lingkungan sosial;

Alasan pertama sumber komunikasi sebagai motivasi adalah sarana untuk membuat diri kita semakin peka terhadap lingkungan sosial. Contoh nyatanya, ketika kita berada di kampus, kita akan menemui banyak teman dari berbagai macam latar belakang. Ada yang beda suku, beda agama, bahkan beda kewarganegaraan. Tetapi karena kita sudah dipersatukan dalam satu naungan, jadi mau tidak mau kita harus mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang tersebut.

  1. Membuat kita mampu berkontribusi positif di mana pun dalam setiap kondisi;

Alasan kedua pentingnya sumber komunikasi buat kita, yaitu sebagai ajang untuk membuktikan kepada diri kita sendiri, bahwa kita mampu berkontribusi positif di mana pun dan kapan pun. Contohnya, kita yang terlatih mengikuti komunitas pencinta alam misalnya, ketika teman kita mengalami kecelakaan, kita mampu memberikan pertolongan pertama kepada mereka dari hasil sumber komunikasi latihan komunitas pencinta alam tersebut.

  1. Berbagi ilmu dan pengalaman;

Alasan selanjutnya pentingnya sumber komunikasi sebagai motivasi adalah sebagai ajang berbagi ilmu dan pengalaman. Dari berbagai macam latar belakang tersebut, kita juga akan menemukan macam-macam teman dengan berbagai macam karakter dan pengalaman hidup. Hal tersebut sangat berharga untuk memberikan pengalaman dan pelajaran serta referensi buat kita.

Selain beberapa hal di atas, secara tidak langsung sumber komunikasi motivasi juga bermanfaat bagi masa depan kita, lho. Sumber komunikasi atas komunitas sosial yang kita naungi mempertemukan kita dengan jodoh kita, misalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here