Home Blog MOTIVASI INTROSPEKSI DIRI

MOTIVASI INTROSPEKSI DIRI

7
0
SHARE

Motivasi Introspeksi Diri – Tidak sulit melihat kesalahan orang lain, tetapi sukar melihat kesalahan diri sendiri, adalah ciri orang-orang yang tidak mau berupaya untuk memperbaiki kualitas diri sendiri. Adalah barangkali, kita salah satu dari orang-orang itu. Kita merasa lebih baik dari orang lain, sehingga dengan mudah menilai rendah mereka. Padahal, kita hanyalah sebutir debu, jika dibandingkan dengan luasnya alam semesta. Tidak ada yang perlu disombongkan; karena kita hanyalah ciptaan Allah yang besarnya seujung kuku jika dibanding dengan luas ciptaan Allah.

Motivasi introspeksi diri penting dimiliki oleh setiap orang, khususnya kita sebagai orang-orang terpelajar. Kalau kita ada masalah dengan rekan, kita perlu introspeksi diri, jangan melulu menyalahkan rekan kita. Seharusnya, semakin banyak orang yang bermasalah dengan kita, semakin banyak pula kita harus introspeksi diri sendiri; adakah khilaf yang selalu menyakiti hati orang lain, adakah sikap yang tak seharusnya ditampakkan pada orang lain, adakah lisan yang selalu membicarakan keburukan orang lain.

Instrospeksi diri adalah salah satu hal yang sulit bagi manusia; sebab kita selalu merasa benar. Merasa benar dengan menyalahkan orang lain bukanlah sebuah prestasi, maka itulah alasan mengapa kita perlu rutin mengintrospeksi diri sendiri. Bukan karena kita harus bersikap sempurna di hadapan orang lain, karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Tetapi, introspeksi diri bisa menjadi alternatif bagi kita untuk memperbaiki sikap yang bisa merugikan orang lain dan mempererat hubungan sosial dengan orang lain. Bukankah, Rasulullah sendiri menganjurkan kita untuk berlemah lembut kepada sesama manusia?

Ini dia penjelasan mengapa motivasi introspeksi diri penting untuk dimiliki;

  1. Bukan lebih buruk dari orang lain, introspeksi adalah cara untuk mengenali keburukan yang ada pada diri sendiri;

Sering introspeksi diri bukan berarti kita lebih buruk dari orang lain, tetapi karena kita melakukan upaya untuk mengenali keburukan dan kelemahan diri kita sendiri. Tak masalah jika memang kita lebih buruk dari orang lain, karena sejatinya hidup adalah untuk terus belajar memperbaiki diri, bukan dengan mencari kesempurnaan.

  1. Introspeksi diri adalah cara untuk menghargai orang lain dan menerima bahwa kita pun pernah salah;

Ketika kita bersitegang dengan rekan kerja atau kerabat kita, bisa jadi bukan dia yang keliru, tetapi kita. Barangkali kita kurang sabar menghadapinya, barangkali ada sikap kita yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya, dan lain sebagainya. Introspeksi diri dan mengakui bahwa kita salah jika kita bersalah adalah salah satu cara untuk menerima bahwa tidak ada satupun orang di dunia ini yang selamanya benar. Sehingga, kita akan lebih berhati-hati dalam bersikap pada orang lain.

Itulah 2 motivasi introspeksi diri yang perlu dicamkan baik-baik dalam hidup kita. Karena tidak ada satupun manusia di dunia ini yang seratus persen benar; sehingga kita harus mengoreksi dan memahami bahwa kita pun pernah salah. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here