Home Blog PENTINGNYA PENGEMBANGAN DIRI BAGI SEGALA USIA

PENTINGNYA PENGEMBANGAN DIRI BAGI SEGALA USIA

10
0
SHARE

Pentingnya Pengembangan Diri Bagi Segala Usia – Mayoritas manusia berpikir jika masa muda adalah saat-saat di mana kita harus selalu mengembangkan diri, dengan mengikuti berbagai macam kegiatan positif serta bermanfaat. Padahal, pengembangan diri harus dilakukan pada setiap tahapan usia.

Pentingnya pengembangan diri bagi segala usia akan selalu mendorong kita untuk selalu memiliki tujuan hidup setiap saat. Seperti yang sering kita dengar, hidup tanpa tujuan sama halnya hidup tanpa jiwa. Itulah sebabnya mengapa pentingnya pengembangan diri bagi segala usia sangat diperlukan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tujuan-tujuan apa saja yang harus kita miliki pada setiap tahapan usia, kita perlu menyimak ulasan di bawah ini, nih!

  1. Usia remaja;

Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2009, masa remaja baik itu remaja awal maupun akhir, adalah pada rentang umur 16-25 tahun. Pada usia ini, adalah masa transisi di mana kita mulai dibekali satu per satu tanggung jawab. Seperti tanggung jawab untuk menyelesaikan pendidikan, mengetahui bakat dan minat, memperoleh pekerjaan, dan lain sebagainya.

Pada usia ini, kita yang masih memiliki cukup banyak tenaga dan waktu, seharusnya memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan hidup, untuk berbagai macam tindakan di luar kegiatan formal demi menggali pengalaman.

  1. Masa dewasa;

Usia 26-45 tahun merupakan kategori dewasa. Pada usia ini, nantinya kita akan memiliki banyak tanggung jawab yang harus dilakukan. Seperti tanggung jawab dengan keluarga, dengan pekerjaan, dengan sosial, dan masih banyak lainnya.

Pengembangan diri di usia dewasa yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan berbagai macam pengalaman hidup baik itu ketika masa remaja sampai ketika sudah memasuki usia dewasa, untuk menginvestasikannya agar kualitas hidup diri sendiri dan orang-orang semakin meningkat dari hari ke hari.

  1. Masa lansia;

Lansia atau lanjut usia dikategorikan kepada orang-orang yang berusia 56- 65 tahun. Tidak semua orang mampu tetap produktif pada usia lansia, tetapi masih banyak orang-orang berusia lansia yang masih tetap menjalankan aktivitas dengan energik dan produktif.

Jika nanti kita memasuki usia lansia, pengembangan diri yang patut kita lakukan adalah mulai menjadi kontrol bagi anak-anak dan cucu-cucu, dengan membagikan pengalaman hidup dan arahan yang harus dilakukan, terlepas dari produktivitas kita yang mungkin masih kentara.

  1. Masa manula;

Tahap hidup terakhir adalah masa manula, yakni 65 tahun ke atas. Pada masa ini, pada umumnya kita tidak perlu lagi bekerja keras, karena sudah menikmati hasil yang kita tanam sepanjang hidup. Menjaga kesehatan fisik dan mental, serta semakin mematangkan diri dalam ilmu agama merupakan pengembangan diri yang sesuai bagi manula.

Pentingnya pengembangan diri bagi segala usia adalah satu hal mutlak yang patut kita ketahui dan terapkan, agar kita termasuk manusia yang selalu berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here