Home Blog CANTING BATIK BUAT PARA DIFABEL

CANTING BATIK BUAT PARA DIFABEL

52
0
SHARE

Canting Batik Buat Para Difabel – Bukan hanya kita sebagai manusia yang diberikan fungsi tubuh maksimal oleh Allah yang butuh menyalurkan bakat atau pun hobi, di luar sana ada sebagian manusia lain yang punya hobi, kegemaran, atau cita-cita, tetapi sedikit banyak terhalang karena fungsi tubuh yang kurang maksimal. Akan sangat menyenangkan apabila kita yang dapat mengoptimalkan fungsi tubuh maksimal tersebut untuk membantu mereka para difabel menyalurkan hobi atau passion-nya. Seperti mahasiswa yang bernama Rachma Nanda seorang mahasiswa Magister Teknik Industri dari salah satu universitas di Indonesia, berkolaborasi dengan dosennya  Hartomo, Rachma membuat canting batik khusus untuk para difabel.

Hasil penelitian yang baru saja dirilis pada hari Jumat, 25 Mei 2018 yang lalu, Rachma mengungkapkan hasil penelitiannya menunjukkan angka yang signifikan. Itu artinya, hasil usulan Rachma dapat segera direalisasikan dan dipersembahkan untuk para difabel.

Untuk spesifikasi dari cantingnya sendiri, adalah berbentuk gagang canting disesuaikan dengan jepitan kaki pengguna yang bukan berbentuk silinder, tetapi tetap harus diatur untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Sedangkan untuk ukuran tinggi jempol kakinya sendiri adalah 1 sentimeter (P50), sementara untuk lebar gagangnya adalah 0,9 sentimeter (P5). Jangan khawatir dengan kemanannya, Rachma sengaja membuat pelindung dari silikon yang ringat tetapi tahan panas yang letaknya berada di antara gagang canting serta nyamplung. Untuk ukuran dari silikon yang berbentuk silindernya sendiri adalah 4 sentimeter atau 1,54 inchi, tepat letaknya adalah di antara bagian gagang untuk menjepit serta bagian gagang yang digunakan untuk menahan bagian nyamplung canting. Sebagai desain warna cantingnya sendiri terdapat macam-macam warna sebagai pembeda jenis canting. Ada kombinasi warna merah, hijau, serta biru.

Sementara itu, menurut dosen Rachma yaitu Hartomo, canting batik buat para difabel seperti usulan Rachma, dinyatakan ergonomis atau benar-benar memperhatikan kenyamanan pengguna. Pengguna merasa lebih efektif, efisien, dan puas ketimbang menggunakan canting yang ada selama ini. ada penghematan waktu sebesar  5,8 detik, serta peningkatan kepuasan sebesar lebih dari 70 %.

Adapun tujuan utama Rachma mendesain canting batik semacam ini adalah untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna melalui membatik menggunakan kaki. Selanjutnya, pihaknya akan mulai melakukan evaluasi untuk penyempurnaan canting batik tersebut.

Canting batik buat para difabel seperti yang diciptakan oleh Rachma seyogianya membuat rasa kepedulian kita semakin peka dengan lingkungan. Termasuk dengan para difabel yang tidak hanya membutuhkan bantuan kita dengan pasif, tetapi juga memberikan bantuan optimal kepada mereka agar secara aktif mampu mengembangkan passion-nya seperti yang dilakukan Rachma Nanda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here