Home Blog MOTIVASI DIRI HARI JUMAT

MOTIVASI DIRI HARI JUMAT

59
0
SHARE

Motivasi Diri Hari Jumat – Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Mengapa bisa disebut hari istimewa? Karena pada hari Jumat banyak pahala berlipat-lipat yang menantimu. Beberapa alasan mengapa hari Jumat menjadi hari yang istimewa, misalnya kaerena hari Jumat merupakan hari keberkahan, hari dikabulkannya doa, hari diperintahkannya Salat Jumat yang membawa banyak kebaikan, dan masih banyak lagi.

Motivasi diri hari Jumat, sering kali dikaitkan kepada seorang muslim laki-laki saja, karena memang hanya seorang muslim laki-laki yang memiliki kewajiban melakukan Salat Jumat. Padahal, jika seorang wanita memaknainya, banyak keberkahan yang juga menghampiri seorang muslimah.

Berikut ini beberapa fakta mengenai hari Jumat yang juga dapat dimanfaatkan oleh seorang muslimah:

  1. Hari yang paling baik dibanding hari-hari lain;

Hari Jumat merupakan hari paling baik jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Faktanya, matahari pertama kali muncul pada hari Jumat, Nabi Adam sebagai manusia pertama yang hidup juga dimunculkan pada hari Jumat, selain itu dalam ayat Al-Quran hari kiamat juga datang pada hari Jumat. Itulah sebabnya hari Jumat merupakan hari paling istimewa yang dapat kamu manfaatkan sebagai seorang muslimah untuk rajin beribadah kepada Allah.

  1. Hari Jumat merupakan hari penghapusan dosa;

Pada hari Jumat, seorang pemeluk Islam baik itu laki-laki maupun wanita berhak melakukan berbagai macam ibadah sebagai sarana penghapusan dosa paling manjur dibanding hari-hari lain. Banyak surat dalam Al-Quran yang menjelaskannya, namun hadits dari sahabat Nabi Muhammad di bawah ini dapat memperkuat keyakinanmu untuk banyak-banyak melakukan ibadah pada hari Jumat.

Rasulullah bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat.” (HR. Bukhari)

  1. Merapikan diri;

Pada hari Jumat, seluruh umat muslim diperintahkan untuk merapikan dirinya. Misalnya, mandi besar dengan niat untuk menyucikan diri, memotong kuku, mencukur kumis untuk laki-laki, dan sebagainya.

Motivasi diri hari Jumat tersebut dapat menjadi bukti jika Allah tidak pernah memilih-milih hamba-Nya dalam memberikan keberkahan. Meskipun yang diperintahkan melakukan Salat Jumat hanya laki-laki, tetapi jika seorang muslimah mau melakukan berbagai macam amalan, beberapa di antaranya sudah disebutkan di atas, maka seorang muslimah juga akan mendapatkan pahala yang sama dengan seorang muslim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here