Home Blog MOTIVASI DIRI ISLAM

MOTIVASI DIRI ISLAM

64
0
SHARE

Motivasi Diri Islam – Islam memberikan kesempatan kepada penganutnya untuk mengembangkan diri ke arah yang positif, asal sesuai dengan syariatnya. Termasuk juga seorang wanita muslimah. Motivasi diri dalam Islam selalu menekankan umatnya agar mau berpakaian menutup aurat, terutama bagi seorang muslimah yang hanya menyisakan telapak tangan dan muka saja.

Seorang muslimah dapat berprofesi menjadi apa saja yang dia mau selama itu bermanfaat bagi banyak orang dan mendapatkan izin dari keluarga maupun suami, asal tetap menjaga auratnya. Sebenarnya, apa sih alasan yang membuat seorang muslimah harus mengenakan jilbab? Selain karena memang perintah dari Allah, seorang muslimah berjilbab juga akan mendapatkan manfaat dari pakaian tertutup tersebut. Berikut ini manfaat jilbab yang memberikan motivasi diri Islam kepada seorang muslimah.

  1. Memuliakan seorang muslimah;

Manfaat memakai baju tertutup dan longgar serta jilbab yang pertama adalah untuk memuliakan seorang muslimah. Seorang laki-laki mungkin suka dengan wanita berpakaian terbuka dan menggerai rambut indahnya, tetapi apa yang dirasakan laki-laki tersebut bukan semata-mata karena menganggap wanita adalah ciptaan Allah yang paling indah, tetapi karena nafsu setan belaka. Sebaliknya, dengan memakai busana tertutup dengan jilbab, wanita akan menjaga keindahan bentuk tubuhnya untuk suaminya kelak; laki-laki yang sudah menghalalkannya, bukan laki-laki yang hanya penikmat nafsu setan belaka.

  1. Menjaga muslimah dari tindakan buruk;

Dengan pakaian sopan dan tertutup serta longgar, muslimah akan semakin menjaga dirinya dari tindakan buruk. Misalnya, pelecehan seksual dan sebagainya. Mengapa demikian? Karena muslimah yang berjilbab cenderung dihormati oleh orang lain, dan menjadi pencegah utama dari niat buruk laki-laki yang ingin bertindak tidak sopan kepadanya.

  1. Menjaga kesehatan muslimah;

Kegiatan seorang muslimah yang padat, tanpa terasa akan mendekatkan dirinya kepada berbagai macam virus, penyakit, dan sinar matahari. Memakai jilbab akan menjaga muslimah dari paparan sinar matahari.

  1. Menambah kecantikan seorang muslimah;

Cantik yang sesungguhnya bukan dari pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh, rambut yang digerai, dan sebagainya. Seorang muslimah akan terlihat cantik alami dan memancarkan aura positif dari pakaian muslim dan kerudung yang dia kenakan.

Motivasi diri Islam seorang muslimah, juga harus dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Seorang muslimah berjilbab mungkin saja akan melakukan kesalahan maupun dosa. Tetapi dengan jilbabnya, seorang muslimah sudah menjalankan kewajiban dan tugas utama dari Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here