Home Blog CARA MENJADI SEORANG MOTIVATOR

CARA MENJADI SEORANG MOTIVATOR

24
0
SHARE

Cara Menjadi Seorang Motivator – Menjadi motivator professional tentu saja membutuhkan proses yang tidak mudah. Salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai macam pelatihan dan training khusus calon motivator. Namun, yang perlu kamu tahu, cara menjadi seorang motivator handal bukan hanya mengikuti pelatihan saja, tetapi ada juga beberapa hal lain yang tidak boleh kamu lupakan.

Apalagi untukmu yang berkecimpung di dunia pendidikan. Jika profesimu sebagai seorang guru atau dosen, selain kamu diwajibkan untuk memberikan materi dan transfer ilmu kepada anak didikmu, kamu juga harus menjadi motivator bagi mereka. Cara menjadi seorang motivator pendidikan seyogyanya juga harus dilatih sejak dini. Jadi, apabila kamu sudah menemukan passion-mu sebagai tenaga pendidik, seawal mungkin kamu harus berlatih giat.

Berikut ini uraian mengenai cara menjadi seorang motivator pendidikan:

  1. Mencintai profesi sebagai pendidik;

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang motivator pendidikan adalah mencintai profesi sebagai pendidik. Kamu dapat melatih skill mendidikmu sejak usia remaja. Latihan dapat dilakukan dengan menjadi guru Tempat Pendidikan AL-Quran, menjadi guru les bagi anak-anak usia SD, dan lain sebagainya.

  1. Suka berorganisasi;

Berorganisasi dapat dilakukan sejak usia sekolah. Menjadi nilai lebih jika pada usia sekolah, kamu sudah aktif dalam bergorganisasi. Dalam lingkungan masyarakat pun, kamu juga dapat mengikuti organisasi yang ada di wilayah kampung, seperti karang taruna. Aktif dalam organisasi tentunya akan berdampak positif terhadap kehidupanmu. Kamu akan terasah menjadi pribadi yang tangguh, percaya diri, mandiri, serta mahir melakukan komunikasi.

  1. Melatih kemampuan public speaking;

Cara menjadi seorang motivator pendidikan selanjutnya adalah dengan melatih kemampuan berbicara di depan orang lain atau public speaking. Dewasa ini, ilmu public speaking dapat dilatih dalam berbagai macam latihan, training, presentasi di kuliah, dan sebagainya.

  1. Banyak-banyak membaca buku, terutama tentang pendidikan;

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan banyak-banyak membaca buku, terutama tentang pendidikan. Buku akan memberikanmu cara dan pengarahan bagaimana menjadi seorang motivator pendidikan yang handal dari beragam ilmu yang dapat kamu pelajari di buku tersebut.

  1. Kuliah di jurusan pendidikan;

Cara lainnya adalah dengan berkuliah di jurusan pendidikan. Hal ini penting dilakukan selain untuk menyerap ilmu, juga untuk sertifikasi profesimu kelak.

Sebagai motivator, kamu tidak hanya diharuskan untuk pandai berbicara saja, tetapi juga menguasai materi dan berpengalaman di bidangnya. Jika beberapa poin cara menjadi seorang motivator pendidikan di atas kamu pelajari dengan baik, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi seorang motivator pendidikan yang handal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here