Home Blog MASALAH KELUARGA YANG DISHARMONISASI

MASALAH KELUARGA YANG DISHARMONISASI

60
0
SHARE

Masalah Keluarga yang Disharmonisasi – Meskipun tinggal satu atap, tetapi disharmonisasi atau ketidakharmonisan dalam keluarga adalah hal yang sering terjadi. Mungkin, dalam keluargamu salah satunya. Banyak faktor yang menyebabkan disharmonisasi dalam keluarga, alasan yang paling sering dikemukakan adalah perbedaan pendapat dari masing-masing anggota keluarga.

Masalah keluarga yang disharmonisasi jika dibiarkan begitu saja, dampaknya akan sangat buruk bagi keutuhan keluarga. Bahkan, berbagai macam kekesaran, baik itu kekerasan verbal, kekerasan fisik, atau malah kekerasan seksual, yang menjadi dampak negatif yang muncul akibat adanya ketidakharmonisan dalam keluarga.

Aduh, sayang sekali, ya, di mana keluarga seharusnya jadi tempat berlindung, tetapi malah penyebab timbulnya kekerasan. Untuk itu, kamu dan semua anggota keluargamu perlu memiliki pengetahuan yang cukup luas, mengenai bagaimana cara mengelola masalah keluarga yang disharmonisasi. Intip tips di bawah ini, yuk!

  1. Cukup bekal agama;

Dalam keluarga, jika semua anggota keluarganya memiliki bekal cukup soal agama, niscaya disharmonisasi akan mudah ditepis begitu saja. Bagaimana tidak, dalam agama, terdapat banyak aturan yang jelas soal bagaimana menjadi seorang ayah atau ibu yang baik, bagaimana menjadi istri atau suami yang sama-sama saling mengisi, bagaimana menjadi anak yang berbakti, serta perlbagai aturan lain yang merupakan cara Tuhan untuk menunjukan jalan pada umatnya dalam hal berkeluarga.

  1. Melakukan komunikasi dengan seimbang;

Untuk meminimalisir terjadinya masalah keluarga disharmonisasi yang dapat kamu lakukan adalah menjaga komunikasi yang intens dan seimbang dengan seluruh anggota keluarga. Komunikasi yang seimbang adalah paham betul bahwa seluruh anggota keluarga membutuhkan minimal seminggu sekali untuk berkumpul, membicarakan unek-unek dan pengalamannya.

  1. Peka terhadap sesama anggota keuarga;

Tips lain yang perlu kamu tahu adalah selalu peka terhadap apa yang dirasakan masing-masing anggota keluarga. Katakanlah meskipun kamu dan kakakmu sama-sama bersifat keras kepala, tetapi dengan saling peka apa yang harus dilakukan ketika salah satu di antara kalian membutuhkan bantuan, maka disharmonisasi dalam keluarga adalah sesuatu yang mudah dilenyapkan.

  1. Saling menjaga hati;

Meskipun biasanya masing-masing anggota keluarga sudah paham betul bagaimana perwatakan satu dengan yang lainnya, tetapi kamu atau pun mereka juga butuh privasi, lho! Jangan hanya karena kamu dengan mereka merupakan keluarga, lantas sesuatu yang kamu anggap bercanda malah menjadi hal serius bagi mereka.

Nah, jika kamu dan keluargamu mencoba tips di atas, dijamin, deh, ketidakharmonisan apa lagi sampai kekerasan tak akan mampu meruntuhkan tembok kekeluargaan di antara kalian. Semoga selalu rukun terus, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here