Home Blog KESALAHAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK

KESALAHAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK

62
0
SHARE

Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak – Sebagai orang tua yang baik, sudah barang tentu menginginkan anak kita menjadi anak yang cerdas, pintar, tanggap, dan berperilaku baik sejak dini. Tetapi, kesibukan kita sebagai orang tua terkadang mengganggu aktivitas yang seharusnya sangat penting kita lakukan sebagai orang tua, yaitu mengontrol anak. Apa lagi anak yang masih membutuhkan bimbingan dan dampingan kita, seharusnya orang tua mengambil peran utama bagi perkembangan si anak, bukan malah pengasuh anak atau guru di sekolahnya.

Ingat! Anak adalah titipan dari Allah yang sudah menjadi kewajiban kita, jika kita abai dan lalai dalam mendidik mereka dan melakukan beberapa kesalahan orang tua dalam mendidik anak ini, jangan salah jika nantinya mereka akan menjadi pemberontak orang tuanya sendiri.

Mau tahu, apa saja kesalahan yang biasanya dilakukan orang tua dalam mendidikan anaknya, simak ulasan di bawah ini, ya!

  1. Sering marah tanpa alasan;

Karena lelah seharian bekerja, ketika ada konflik dengan pasangan, atau masalah lainnya, terkadang kita marah dengan si anak karena melakukan kesalahan yang sepele. Padahal, kemarahan yang tidak tepat justru akan membuat perkembangan diri si anak buruk nantinya.

  1. Memenuhi semua keinginannya;

Sayang dengan anak merupakan suatu kewajiban, tetapi dengan memenuhi semua keinginannya malah akan berdampak buruk bagi masa depannya kelak. Pilah apa yang memang dibutuhkan anak dan kesampingkan sesuatu yang tidak perlu kita berikan. Agar anak paham, jika tidak semua hal mampu mereka dapatkan.

  1. Memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi;

Kesalahan orang tua dalam mendidik anak berikutnya adalah memiliki ekspektasi yang tinggi kepada si anak. Sah-sah saja jika orang tua memiliki harapan yang bagus untuk anaknya, tetapi dengan berekspektasi terlalu tinggi malah akan membuat anak menjadi minder dan kehilangan kepercayaan dirinya.

  1. Suka membanding-bandingkan;

Setiap anak punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Membandingkan si anak dengan saudara atau anak lainnya malah akan memberikan beban psikologis untuk mereka. Biarkan anak tumbuh dengan bakat dan minatnya sendiri. Dorong mereka agar selalu memiliki motivasi bagi perkembangan dirinya.

  1. Tidak mau menempatkan diri sebagai teman;

Kesalahan orang tua dalam mendidik anak lainnya adalah menganggap diri paling benar. Padahal, orang tua juga tidak selamanya benar, lho. Mulai sekarang, jangan hanya memosisikan diri sebagai orang tua saja, tetapi juga sebagai teman. Dengan begitu, si anak akan merasa lebih nyaman bercerita dan berkeluh kesah kepada kita.

Dengan membantu mereka menemukan jati diri dan membimbing serta menemani mereka, perlahan namun pasti, kita akan terbiasa menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here