Home Blog MOTIVASI DIRI DALAM ISLAM

MOTIVASI DIRI DALAM ISLAM

13
0
SHARE

Motivasi Diri dalam Islam – Menciptakan motivasi diri memang penting, dan lebih penting lagi jika motivasi itu berupa motivasi diri dalam islam dan mengandung nilai-nilai agama yang baik. Setiap orang yang menjadikan agama islam sebagai pedoman dalam berkehidupan, pasti tidak akan menemukan cacat sedikitpun dan akan selalu merasa cukup karena menganggap segala hal yang ada di dunia ini dan kehidupannya selalu ada campur tangan Allah.

Berikut ini adalah beberapa motivasi diri dalam islam yang wajib kita tanamkan dalam diri sendiri:

  1. “Sebuah kebahagiaan tidak ditentukan dari seberapa besar dan banyak harta yang dimiliki seseorang, akan tetapi kebahagiaan adalah tentang sikap menerima terhadap apa yang Allah rizkikan kepadanya.”

Kebahagiaan sejati tidak dapat diukur dari nominal; seberapa banyak pundi-pundi uang yang kita miliki, seberapa tinggi jabatan kita dalam pekerjaan, dan seberapa besar pengaruh kita terhadap suatu komunitas atau lingkungan. Kebahagiaan adalah tentang menerima, tentang mensyukuri setiap hal yang kita dapat dan hasilkan. Allah bahkan telah berjanji untuk menambah nikmat kepada orang-orang yang selalu bersyukur kepadaNya, dan melaknat siapapun yang tidak bersyukur atas rizki yang diperolehnya.

  1. “Ketika hatimu sedang galau, tidak usah khawatirkan keadaan tersebut. Cukup hadapi dengan bersabar, karena bersama kesulitan akan datang kemudahan.”

Sabar adalah salah satu pilihan yang harus kita tetapkan ketika sedang dihadapkan pada masalah. Sulit memang, mencoba untuk terus bersabar dengan keadaan yang menghimpit kita. Tetapi, sudah tertuang dalam Al-Quran bahwa orang-orang yang bersabar dengan kesulitan, akan dimudahkan Allah menemukan jalan keluar. Bukankah, Allah selalu bersama orang-orang yang sabar?

Bersabarlah, sebab kita tidak pernah tahu hikmah apa yang akan kita dapatkan dibalik kesabaran kita. Tenanglah, sebab Allah selalu bersama orang-orang yang sabar. Tetaplah berusaha dan serahkan segalanya kepada Allah.

  1. “Jangan merasa iri terhadap apa yang Allah berikan kepada orang lain, karena kita tidak tahu seberapa banyak ia meminta apa yang diinginkannya itu kepada Allah.”

Motivasi diri dalam islam yang terakhir adalah anjuran kepada kita untuk tidak menaruh iri dan dendam kepada seseorang yang mendapatkan rizki dari Allah. Iri dan dengki hanya akan mengikis kebaikan-kebaikan dalam diri kita, dan menjauhkan rahmat Allah atas kita. Semakin kita merasa iri dengan pencapaian orang lain, semakin kita merasa kecil, dan menyurutkan semangat kita sendiri untuk memperoleh hal yang sama. Iri dan dengki tidak akan membuat kita lebih baik dari orang lain, justru akan menambah dosa hati kita. Naudzubillah.

3 motivasi diri dalam islam ini barangkali akan menginspirasimu. Semoga selalu tercerahkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here