Home Blog FUNGSI MOTIVASI DIRI

FUNGSI MOTIVASI DIRI

7
0
SHARE

Fungsi Motivasi Diri – Ada berbagai macam alasan seseorang untuk terjatuh atau terpuruk karena sebuah keputusasaan. Menilik bahwa keputusasaan adalah akibat dari sebuah kegagalan, maka manusia sebaiknya selalu membentengi dirinya dengan hal-hal yang bersifat positif; mulai dari pikiran positif, hati yang positif, juga kegiatan yang positif pula. Jika tidak memiliki sesuatu yang dapat menggerakkannya, mustahil manusia dapat bangkit apa lagi menjalankan kehidupannya dengan lebih baik.

Bagaimana caranya? Dengan memiliki motivasi. Sekuat apa pun kekuasaan yang kamu miliki, misalnya di tengah kegagalan kamu masih memiliki uang yang banyak, orang-orang yang mendukung, dan fasilitas-fasilitas lain, tetapi kamu tidak memiliki motivasi untuk melanjutkan hidup, mustahil kamu akan menatap masa depan dengan positif, dan maju. Di sinilah kemudian fungsi motivasi diri diperlukan.

Untuk mengetahui rincian dan ulasan fungsi dari motivasi diri, maka berikut ini pemaparan yang perlu kamu simak.

  1. Mendorong pergerakan diri melakukan tindakan yang bermanfaat;

Fungsi dari motivasi diri yang pertama adalah mendorongmu untuk melakukan tindakan yang bermanfaat bagi masa depanmu. Motivasi akan selalu menjadi petunjuk arah bagimu, agar setiap kegiatan yang kamu tempuh berada di jalur yang benar tanpa melenceng ke jalur lain, meskipun di tengah jalan, kamu akan banyak mendapatkan halangan serta rintangan.

  1. Motivasi sebagai penyeleksi tindakan yang harus dilakukan;

Fungsi motivasi yang kedua adalah sebagai sarana untuk menyeleksi tindakan yang akan kamu lakukan. Jika ada sesuatu yang menggodamu, misalnya ajakan teman untuk melakukan perbuatan mengahamburkan uang tanpa manfaat, kamu akan mengesampingkannya karena dalam dirimu, memiliki motivasi untuk mempergunakan uang dengan lebih bijak. Untuk membayar kuliah, modal usaha, dan dan sebagainya, misalnya.

  1. Sebagai kompas buatmu menjalani hidup masa depan;

Motivasi juga berfungsi untuk menjadi kompas atau petunjuk arah yang selalu mengarahkanmu ke tempat yang seharusnya kamu tapaki, masa depan yang seharusnya kamu dapatkan, dan kebaikan yang harus kamu tuai jika kamu sudah melakukan proses dengan sungguh-sungguh dan kerja keras. Motivasi akan senatiasa memberikanmu kode atau tanda jika kamu kesuksesan ada di depan mata jika kamu berani melangkah dan tidak megacuhkan godaan yang akan selalu datang.

Fungsi motivasi diri juga akan membuat dirimu semakin tertantang melakukan suatu hal baru yang semula tidak berani kamu lakukan. Dengan motivasi, kamu akan paham jika risiko adalah sahabat yang apabila dapat dikelola dengan baik, justru akan membawa banyak keuntungan buatmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here