Home Blog MOTIVASI DIRI AGAR TIDAK MALAS

MOTIVASI DIRI AGAR TIDAK MALAS

49
0
SHARE

Motivasi Diri agar Tidak Malas – Membaca buku menjadi suatu rutinitas yang patut kamu biasakan karena memiliki segudang manfaat. Mulai dari melatih kecerdasan motorik, emosi, maupun sosial. Namun, terkadang kamu merasa membaca buku adalah salah satu hal yang membosankan. Padahal dengan membaca buku, baik itu buku fiksi dan non fiksi, kamu akan menemukan kualitas dirimu jauh lebih baik ketimbang membaca konten-konten media sosial yang tidak berfaedah. Motivasi diri agar tidak malas membaca buku perlu kamu latih mulai saat ini untuk membuat Indonesia cinta literasi.

Berikut ini cara memberikan motivasi diri agar tidak malas membaca buku yang dapat kamu lakukan:

  1. Memiliki keinginan yang kuat untuk membaca buku;

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki motivasi yang kuat untuk membaca buku. Menumbuhkan rasa cinta terhadap buku merupakan salah satu cara motivasi diri agar tidak malas sebelum membaca buku. Sediakan waktu khusus untuk membaca buku, atau membawa buku ke mana pun kamu pergi di dalam tas, merupakan salah satu cara untuk menjadikan Indonesia cinta literasi.

  1. Memulai dari buku yang kamu sukai;

Ada dua macam jenis buku yang dapat kamu baca, yaitu buku non fiksi yang berisi data dan fakta sesuai dengan kenyataan, serta buku fiksi seperti novel yang menceritakan tentang kehidupan sosial, maupun fantasi yang dapat menghiburmu. Buku fiksi pun memiliki banyak manfaat di antaranya dapat melatih kepekaan, hiburan, dan membawamu ke dalam dimensi lain.

  1. Membangun keterikatan dengan buku;

Langkah selanjutnya untuk memberikan motivasi diri agar tidak malas membaca buku adalah dengan memiliki keterikatan dengan buku. Seperti yang diuraikan dalam poin pertama di atas, kamu dapat meluangkan waktu khusus untuk membaca buku atau membawa buku ke mana pun kamu pergi. Sediakan waktu minimal satu jam untuk membaca buku setiap harinya. Maka perlahan, kamu akan memiliki keterikatan dengan buku. Jauh lebih bermanfaat dibanding sibuk mengisi waktu untuk bermain ponsel dan gawai lainnya.

  1. Berkumpul bersama pencinta literasi lain;

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk memberikan motivasi diri agar tidak malas dalam membaca buku adalah berkumpul dan berinteraksi dengan komunitas pencinta buku. Hal ini dilakukan agar kamu dapat bertukar pikiran dengan mereka, atau bahkan bertukar buku. Mengasyikkan, bukan?

Buku adalah jendela kehidupan. Kamu perlu membaca buku untuk mengetahui kehidupan dunia sedetail mungkin. Selanjutnya, sesuatu yang baik di dalam buku tersebut dapat kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan nilai hidupmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here