Home Blog MOTIVASI DIRI BIAR SEMANGAT

MOTIVASI DIRI BIAR SEMANGAT

70
0
SHARE

Motivasi Diri biar Semangat – Sebagai mahasiswa semester akhir, kamu merasa jika skripsi menjadi momok yang menyulitkan jalanmu menuju keberhasilan. Padahal sebenarnya, skripsi hanya perlu dinikmati dalam setiap prosesnya. Mengerjakan skripsi tak ubahnya seperti menaiki tangga menuju kesuksesan. Maka dari itu, mengerjakan skripsi seharusnya dilakukan dengan senang hati dan motivasi penuh. Itulah mengapa kamu membutuhkan motivasi diri biar semangat mengerjakan skripsi.

Berikut ini beberapa cara untuk memotivasi dirimu dalam meraih gelar sarjana.

  1. Memilih tempat yang sesuai dengan keinginan;

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk memberikan motivasi diri biar semangat mengerjakan skripsi adalah memilih tempat yang nyaman sesuai dengan suasana hatimu. Jika kamu sedang merasa menginginkan suasana hati yang tenang, yang dapat kamu lakukan adalah memilih tempat yang jauh dari keramaian, seperti perpustakaan atau kamar. Jika kamu merasa nyaman mengerjakan skripsi di tengah keramaian, kamu dapat memilih kafe atau gazebo taman. Dengan begitu, kamu akan merasa fun dalam mengerjakan skripsi.

  1. Buat jadwal yang masuk akal;

Kamu perlu membuat jadwal yang konsisten untuk fokus mengerjakan skripsi. Jangan terlalu lama karena dapat menimbulkan masalah emosi padamu, seperti kemalasan, dan lainnya. Jangan juga terlalu awal, jika kamu mengerjakannya asal-asalan. Buat penelitian yang berbobot menggunakan data yang sebenarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Membeli perlengkapan dan pernak-pernik wisuda;

Untuk memotivasimu agar segera menyelesaikan skripsi, langkah lain yang dapat kamu lakukan adalah memesan pernak-pernik dan peralatan wisuda. Misalnya kebaya, atau kemeja formal, topi toga, dan sebagainya. Jika kamu sering memandangi pernak-pernik wisuda tersebut, secara tidak sadar kamu akan semakin terpacu untuk menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu.

  1. Lihat orang tua;

Jadikan orang tua sebagai pemacu semangatmu dalam menuntaskan skripsi. Ingatlah bagaimana perjuangan orang tua yang menginginkanmu menjadi orang sukses. Jangan kecewakan mereka dengan malas-malasan mengerjakan skripsi. Peka dan mulai memahami bagaimana pula mereka membiayai kuliahmu. Tidak ingin orang tuamu mengeluarkan biaya yang semakin banyak karena kamu tak kunjung lulus, bukan? Maka segeralah menuntaskan tugas skripsimu.

Nah, setelah kamu mendapatkan motivasi diri biar semangat mengerjakan skripsi seperti di atas, yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah membuat kesepakatan dengan dirimu sendiri. Untuk membuat dirimu disiplin, kamu perlu menerapkan sistem hukuman dan penghargaan. Misalnya, kamu dapat menghukum dirimu dengan membayar denda sebagai sumbangan ke masjid sebesar lima ratus ribu rupiah jika tidak dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu, dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here