Home Blog MATERI TRAINING KEPEMIMPINAN

MATERI TRAINING KEPEMIMPINAN

68
0
SHARE

Materi Training Kepemimpinan – Leadership atau kepemimpinan erat kaitannya dengan pemberian materi yang keras dan banyak disiplin. Karena bagaimana pun juga, pelatihan kepemimpian dalam setiap perusahaan bertujuan besar yaitu sebagai peta yang menunjukkan ke mana arah perusahaan selanjutnya, juga sebagai tiang yang menyangga perusahaan.

Mengapa materi training kepemimpinan penting dilakukan di suatu perusahaan? Sebuah perusahaan butuh untuk meregenerasi para Sumber Daya Manusia unggul yang mampu memimpin perusahaan kelak. Selain itu, dengan regenerasi yang dilakukan, bibit-bibit baru karyawan tersebut juga diharapkan dapat membawa kemajuan perusahaan selalu lebih baik daripada sebelumnya.

Terdapat beberapa hal pokok yang mendasari materi training kepemimpinan perlu dilakukan. Berikut ini ulasannya:

  1. Membentuk karakter leader atau pemimpin yang ideal;

Seperti yang sudah banyak diketahui, jiwa pemimpin terkadang bukan didapat secara alami, tetapi harus dibentuk. Pemimpin wajib memiliki sikap tegas, berani ambil risiko, memiliki wibawa terhadap semua pihak, disegani, dapat memotivasi dan mengayomi, selalu tepat dalam memberikan perintah, serta berani menghukum dan memberikan penghargaan kepada bawahannya.

Pada dasarnya, di dunia ini, tidak ada manusia sempurna, begitu juga pemimpin. Tetapi dengan memberikan materi training kepemimpinan, pasti akan mengoptimalkan pembentukan bibit-bibit pemimpin baru.

  1. Pembentukan dan pengaplikasian visi dan misi perusahaan;

Tujuan materi training kepemimpinan selanjutnya adalah memberikan pemahaman bagi peserta, untuk selalu memahami visi dan misi perusahaan. Jika sudah mampu dipahami secara maksimal, selanjutnya adalah berusaha mengaplikasikan materi tersebut kaitannya dengan visi dan misi sebuah perusahaan. Calon pemimpin bukan hanya harus memiliki karakter pemimpin yang disebutkan pada poin selanjutnya, tetapi juga setia dan mampu berjuang untuk perusahaan dengan menjalankan semua visi dan misi yang dibuat oleh perusahaan.

  1. Membentuk jiwa pemimpin yang kreatif;

Dalam menghadapi suatu permasalahan, terkadang pemimpin dituntut untuk bukan hanya mampu menyelesaikan permalahan saja. Tetapi juga menyelesaikan permasalahan dengan kreativitasnya. Setiap problematika yang muncul, terkadang bukan hanya membutuhkan teknik-teknik konvensional dalam pemecahannya. Lebih daripada itu, seringkali kreativitas lebih ditonjolkan untuk menuntaskan semua masalah yang terjadi.

  1. Calon pemimpin akan dibekali dengan kode etik untuk menyelesaikan setiap problem perusahaan;

Standart Operational Procedure atau kerap dikenal dengan sebutan SOP, diciptakan untuk membuat semua pihak dalam perusahaan mengetahui peraturan yang sudah disepakati bersama. Tetapi terkadang, masalah yang timbul ternyata malah lebih kompleks dan rumit yang tidak hanya selesai hanya dengan merujuk kepada SOP saja. Maka dari itu, dibutuhkan kode etik seorang pemimpin untuk membantu memecahkan setiap permasalahan, apalagi permasalahan yang berkaitan dengan SDM perusahaan.

Materi training kepemimpinan wajib dilakukan secara berkesinambungan, agar karyawan tidak hanya mendapatkan beberapa poin penting di atas, tetapi juga media untuk melatih kerja sama tim, bahkan sarana refreshing bagi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here