Home Blog TRAINER MOTIVATION

TRAINER MOTIVATION

80
0
SHARE

Trainer Motivation – Menjadi trainer motivation bukan hal yang mudah. Meski selintas tugasnya hanya memberikan pengarahan dan melatih pesertanya untuk mumpuni dalam menjadi motivator, ternyata tanggung jawabnya lebih dari itu. Trainer motivation sepenuhnya bertanggung jawab atas kemampuan pesertanya, harus menjadi jembatan penghubung antara kemampuan dan pengetahuan pesertanya, serta harus berdedikasi tinggi memberikan keahlian yang nantinya akan digunakan oleh peserta training-nya dalam kehidupan nyata sebagai seorang motivator.

Meskipun begitu, motivator-motivator handal terbentuk dari kerja keras sang trainer. Tanpa seorang trainer, tidak akan ada seorang motivator yang cakap dalam melakukan tugasnya sebagai publik figur. Begitu pentingnya fungsi trainer, seorang yang berperan besar di balik layar kesuksesan sang motivator.

Lalu, bagaimanakah cara kita mengetahui trainer motivation manakah yang baik atau tidak bagi peserta training-nya? Berikut ini ada tiga poin yang bisa kamu pakai untuk menilai apakah trainer motivation yang ada dalam suatu training motivasi yang kamu ikuti merupakan trainer yang handal atau tidak:

  1. Disiplin;

Dalam sebuah training motivasi, trainer adalah pemegang kunci kesuksesan sebuah training, sehingga penting untuknya menerapkan sikap disiplin dalam melaksanakan acaranya.

Trainer yang disiplin dapat dilihat dari bagaimana dia menghadiri acara tepat waktu, atau bahkan sebelum waktunya. Seorang yang disiplin akan tahu prioritas waktu, dan memaksimalkan dirinya untuk hadir sebelum inti acara dimulai. Dengan menepati waktu yang telah dijadwalkan, ia tidak akan membuat peserta training-nya menunggu terlalu lama sehingga matriks acara akan berjalan sebagaimana yang telah dijadwalkan.

  1. Tidak terlalu banyak teori;

Sangat mudah bagi banyak orang untuk menyampaikan teori, tetapi sulit ketika diminta untuk mempraktikkan apa yang sudah didapat dari mempelajari teori itu sendiri. Seorang trainer motivation yang baik adalah ia yang mampu menyeimbangkan penyampaian teori dengan aplikasi dari teori tersebut. Tidak bertele-tele, lugas, dan jelas dalam menyampaikan materi, serta mampu mengarahkan pesertanya untuk menerapkan poin-poin teori itu ke dalam praktik yang harus dikuasai, adalah contoh trainer yang baik.

Tanpa harus menjelaskan detail yang terlalu rumit, ia lebih memilih menyampaikan poin-poin penting dengan bahasa yang mudah dipahami. Trainer seperti inilah yang akan dicintai banyak peserta training.

  1. Apa yang disampaikan tergambar jelas dalam tindakan kesehariannya;

Biasanya, dalam suatu forum resmi, kita dituntut untuk menampilkan perilaku terbaik versi kita. Kecenderungan menjadi pribadi yang tidak sama dengan apa yang biasa dilakukan sehari-hari di lingkungan rumah membuat orang akan sulit mengenali karakter kita, bukan?

Daripada menampilkan kepribadian yang seratus persen berbeda dari kebiasaan yang dilakukannya di rumah, trainer motivation yang baik akan mempraktikkan apa yang disampaikannya kepada peserta training-nya dalam kehidupan sehari-hari, baik di forum resmi maupun di lingkungan rumahnya. Sehingga, ia tidak pernah berpura-pura untuk menjadi baik, sebab keseharian telah membentuknya menjadi pribadi yang baik.

Nah, kira-kira tiga poin itulah yang bisa kamu gunakan untuk menilai baik tidaknya seorang trainer dalam training motivasi yang kamu ikuti. Tentu saja akan ada lebih banyak poin penting lainnya, tetapi tiga poin inilah yang barangkali bisa kamu terapkan terlebih dahulu. Jadi, sudah siapkah memilih trainer motivation yang baik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here