Home Blog SUKSES SEBAGAI PENULIS

SUKSES SEBAGAI PENULIS

5
0
SHARE

Sukses Sebagai Penulis –  Menjadi seorang penulis merupakan profesi yang menyenangkan. Terjun ke dunia kepenulisan pada dasarnya harus dilakukan dengan niat hati yang tulus serta kesungguhan. Orang-orang yang menambatkan dirinya sebagai penulis adalah orang-orang paling jujur ketimbang pekerjaan lainnya. Bagaimana tidak, menulis berarti mengombinasikan akal pikiran serta naluri untuk dituangkan ke dalam media, bisa berupa pena dengan buku, juga laptop. Jika seseorang tidak sungguh-sungguh dalam dunia kepenulisan, mana mungkin ada yang berkorban waktu, pikiran, tenaganya untuk menulis.

Jika ingin sukses sebagai penulis, terlebih dahulu kita harus mengetahui beberapa hal berikut ini.

  1. Menjadi seorang penulis profesional harus dilakukan dengan penuh strategi;

Banyak yang bilang jika menjadi seorang penulis, bebas saja mengutarakan pendapatnya di dalam karya. Atau bebas menulis apa pun selama dia suka. Faktanya, untuk mewujudkan mimpi menjadi penulis profesional, kita harus melakukannya dengan penuh strategi agar karya kita dapat dinikmati oleh segmen pasar yang kita bidik. Jika hanya menulis sebuah karya sebebas apa yang kita pikirkan, sedangkan pasar tidak menyukainya, sulit rasanya kita akan meraih sukses sebagai penulis.

  1. Konsistensi adalah nomor satu di atas segalanya;

Sebagai seorang penulis, konsisten merupakan satu hal yang tidak boleh dilupakan. Terkadang karya kita akan laris di pasaran, ada juga masanya di mana karya yang dengan susah payah kita kerjakan tidak laku di pasaran. Terkait hal tersebut, untuk menjadi penulis sukses, kita wajib konsisten dengan jalur yang kita tempuh.

  1. Tidak pernah berhenti belajar dan membaca karya penulis lain;

Hal lain yang tidak boleh kita lupakan adalah selalu belajar dan mau membaca karya dari penulis lain, meskipun nantinya kita sudah menjadi penulis sukses dan terkenal.

  1. Jangan pernah berhenti menulis barang sehari;

Pekerjaan penulis, ya, menulis. Kalau kita berhenti menulis, itu artinya kita bukan lagi disebut penulis. Selalu sediakan waktu untuk menulis setiap harinya. Dengan berlatih dan terus berlatih, maka kita akan menjadi penulis yang punya pola pikir teguh dalam menyelesaikan suatu tulisan menjadi karya.

Sukses sebagai penulis adalah sesuatu yang diidam-idamkan kita sebagai manusia yang diberikan kemampuan untuk menulis, serta menuangkan ide menjadi sebuah karya. Sesukses, setampan, atau sepintar apa pun seseorang di dunia ini, jika suatu saat nanti meninggal, perlahan dia akan dilupakan. Tetapi apabila dia sudah mengukir karya, pada dasarnya dia akan tetap hidup sampai kapan pun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here