Home Blog MOTIVASI DIRI DALAM BELAJAR

MOTIVASI DIRI DALAM BELAJAR

51
0
SHARE

Motivasi Diri dalam Belajar – Ilmu ekonomi adalah salah satu ilmu penting yang harus dimiliki semua orang. Ilmu mengenai ekonomi penting dipelajari secara saksama untuk mengelola hidup agar semakin tertata. Belajar di bangku formal, misalnya perkuliahan, mengenai ilmu ekonomi bukan menjadi jaminan seseorang agar mampu mengelola keuangan dengan baik. Motivasi diri dalam belajar ilmu ekomomi patut kamu terapkan sejak dini, bahkan ketika masih di bangku sekolah atau kuliah. Mengapa demikian? Karena belajar keuangan sedini mungkin, akan menjadi bekalmu ketika dewasa nanti, apalagi ketika sudah berumah tangga.

Berikut ini motivasi diri dalam belajar ilmu ekonomi, dan mengatur keuangan bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah.

  1. Menentukan sumber pemasukan;

Sejak berada di bangku kuliah, kamu harus memiliki motivasi diri dalam belajar mengelola keuangan dengan seimbang. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah menentukan sumber pemasukan. Katakanlah sumber pemasukan utamamu adalah dari orang tua, beasiswa, atau kerja sampingan. Setelah menentukan sumber pemasukan, kamu perlu mencatat berapa pendapatanmu setiap bulan.

  1. Menentukan berapa banyak jenis pengeluaran;

Setelah menentukan sumber pemasukan, yang dapat kamu lakukan adalah menentukan apa saja jenis pengeluaranmu. Usahakan agar total pengeluaran yang kamu rencanakan tidak sampai melebihi total pemasukan. Jika memang melebihi, maka kamu perlu menekan atau menghilangkan jenis pengeluaran yang tidak penting. Misalnya, untuk jajan atau berburu diskon.

  1. Aplikasikan anggaran keuangan yang telah kamu buat;

Motivasi diri dalam belajar keuangan bagi mahasiswa sepertimu selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan anggaran keuangan yang kamu buat dari poin nomor 2, dan lakukan dengan konsisten. Meskipun begitu, terkadang apa yang dianggarkan masih belum dapat dilakukan dengan konsisten karena adanya pengeluaran di luar perkiraan. Di bulan berikutnya, tugasmu adalah melakukan penyesuaian sedemikian rupa, dengan menambah anggaran lain-lain, untuk mengantisipasi adanya pengeluaran yang tak terduga selanjutnya.

  1. Menabung;

Hal lain yang tidak boleh kamu lupakan adalah dengan menabung. Saat ini, perbankan dan berbagai lembaga keuangan lain memberikan penawaran untuk nasabahnya sesuai dengan status pekerjaan, misalnya ada tabungan khusus untuk para pelajar dan mahasiswa yang ketentuannya dibuat lebih ringan daripada nasabah umum.

Motivasi diri dalam belajar keuangan bagi mahasiswa, juga dengan mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion-mu. Hal ini penting dilakukan, selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari passion tersebut, juga untuk rencana jangka panjang mengenai sebuah usaha yang dapat kamu jalankan dengan profesional di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here