Home Blog HEBOHNYA PASAR RAMADHAN

HEBOHNYA PASAR RAMADHAN

6
0
SHARE

Hebohnya Pasar Ramadhan – Insting bisnis masyarakat Indonesia dari kalangan  penduduk biasa, sampai dengan masyarakat yang dinilai cukup mampu secara ekonomi, sejak dulu memang sudah kentara. Buktinya, setiap kali ada perlehelatan besar atau peristiwa-peristiwa tertentu, mereka begitu antusias memanfaatkannya untuk berdagang. Seperti momen Bulan Ramadhan yang banyak dimanfaatkan warga untuk membangun pasar kaget atau pasar ramadhan. Hebohnya pasar ramadhan nyatanya sangat mudah kita temui di mana saja. Mulai dari kota-kota besar sampai daerah-daerah pedesaan.

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang dapat kita nikmati di pasar ramadhan. Mulai dari makanan dan minuman tradisional, unik, sampai dengan berbagai jenis panganan modern yang membuat iman kita semakin diuji ketika tengah melakukan ibadah puasa. Mengunjungi pasar ramadhan, nyatanya kita tidak melulu menemukan berbagai macam jajanan tradisional, unik, dan moderen saja, tetapi juga beberapa fashion, aksesoris, dan pernak-pernik lainnya.

Selain itu, di beberapa tempat di Indonesia, pasar ramadhan tidak hanya dilakukan dengan tujuan memeriahkan ramadhan atau menambah penghasilan para pedagang saja, tetapi juga melatih kekompakan atau guyub rukun dari warga sekitar. Kegiatan tersebut juga melibatkan berbagai pihak dalam hal penyelenggaraannya. Seperti kegiatan pasar ramadhan di salah satu daerah di Jawa Tengah. Di daerah tersebut, Karang Taruna yang terdiri dari anak-anak muda desa atau kelurahan disokong oleh pemuka desa memberikan fasilitas kepada warganya untuk berjualan di pasar ramadhan. Kegiatan semacam itu nyatanya berhasil membuat Karang Taruna di kawasan mereka berperan positif bagi daerahnya. Implikasi positif nyatanya adalah semakin kentara keguyubrukunan warga sekitar serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Ada juga pasar ramadhan yang dibuka di sepanjang jalan kota dan dimeriahkan oleh pelbagai macam pernak-pernik serta produk makanan dan minuman. Pasar ramadhan seperti ini biasanya dilakukan dua jam menjelang buka puasa tanpa ada persiapan khusus. Pedagang mendirikan lapaknya dengan modal sendiri tanpa ada bantuan dari pemerintah daerah. Sementara pemerintah daerah hanya berperan memberikan izin berjualan dan tempat bagi mereka untuk menggelar dagangannya. Meskipun sekilas terkesan kurang rapi karena dilakukan di pinggir jalan raya, fakta hebohnya pasar ramadhan semacam ini cukup tertib karena peran serta polisi dan polisi pamong praja yang memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi semua pihak. Mulai dari pedagang, pembeli, juga pengguna jalan.

Momen semacam ini tidak akan pernah kita temukan kecuali bulan ramadhan. Sebelum ramadhan berlalu, ada baiknya sesekali ngabuburit di pasar ramadhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here