Home Blog FAKTA-FAKTA SEPUTAR PENDIDIKAN DI INDONESIA

FAKTA-FAKTA SEPUTAR PENDIDIKAN DI INDONESIA

17
0
SHARE

Fakta-fakta Seputar Pendidikan di Indonesia – Mendapat pendidikan yang layak adalah hak setiap anak Indonesia. Tetapi, sering kali yang diberikan hak dan kesempatan justru ogah-ogahan memanfaatkannya. Semoga kamu tidak termasuk, ya!

Kita tidak dapat menutup mata mengenai kenyataan bahwa masih banyak, lho, anak-anak yang memiliki niat untuk bersekolah tinggi, dengan kemampuan ekonomi rendah dan tingkat kecerdasan yang biasa-biasa saja, harus mengubur mimpi dalam-dalam ketika ingin melanjutkan sekolah atau kuliah. Bagaimana tidak, pada umumnya pemerintah memberikan kesempatan sekolah atau kuliah lebih besar kepada anak-anak dengan tingkat kecerdasan tinggi, supaya bisa sekolah gratis dan mendapatkan beasiswa. Padahal, yang kurang pintar juga butuh sekolah, lho, biar sama dengan yang sudah pintar.

Nah, fenomena semacam ini sungguh miris jika dicermati, ada satu sisi dimana terdapat anak-anak yang ingin sekali melanjutkan pendidikan, di sisi lain ada anak-anak yang menyia-nyiakan kesempatan yang ada begitu saja. Itulah alasannya kamu dan teman-temanmu butuh selalu memiliki motivasi harus sekolah tinggi. Mau tahu lebih lanjut fakta-fakta seputar pendidikan di Indonesia, termasuk kuliah? Simak ulasannya, ya!

  1. Meskipun kuliah itu penting dan harus kamu lakukan, tetapi jangan berpikir jika kuliah sebagai penjamin kesuksesan;

Banyak anak-anak yang berpandangan skeptis terhadap kuliah atau pendidikan lanjut, di mana mereka berargumen jika kuliah atau tidak, hasilnya akan sama saja. Sama-sama sulit cari kerja.

Ya! Pendapat tersebut memang benar adanya. Tapi yang salah adalah pola pikir mereka. Hei! Ingat, ya! Kuliah itu lebih dari sekadar mencari ijazah atau pekerjaan semata, tetapi ilmu, relasi, pengalaman, dan mindset yang bahkan jauh lebih berharga ketimbang mendapatkan pekerjaan. Cuma orang yang berpikiran terbuka, deh, pokoknya, yang bisa mengerti itu.

  1. Indonesia pernah menjadi kiblat pendidikan bagi Malaysia, lho!

Di antara banyaknya anak Indonesia yang bangga sudah mengenyam pendidikan di Malaysia, ternyata pada tahun 1970-an, Indonesia bahkan menjadi kiblat pendidikan bagi Malaysia. Pada waktu itu, Malaysia masih kekurangan guru, akibatnya, bukan hanya guru Indonesia saja yang diekspor  ke Malaysia, tetapi juga pelajar Malaysia yang diimpor ke Indonesia.

  1. Tingkat kesejahteraan guru semakin memprihatinkan;

Sudah menjadi rahasia umum, deh, jika tingkat kesejahteraan guru di Indonesia sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, guru honorer di Indonesia bahkan hanya digaji ratusan ribu rupiah, bahkan kurang dari itu. Miris sekali, ya!

 

  1. Kurikulum di Indonesia yang galau;

Kurikulum pendidikan di Indonesia bahkan pernah berganti sampai 6 kali, aduh galau bener, ya, yang bikin kurikulum. Kebayang, deh, bagaimana pusingnya para guru-guru Indonesia.

Terlepas dari fakta-fakta seputar pendidikan di Indonesia di atas, kamu sebagai anak Indonesia harus tetap semangat mengejar mimpi indah, salah satunya dengan selalu semangat mengenyam pendidikan. Semoga ke depannya pemerintah Indonesia, anak-anak Indonesia, dan semua pihak terkait bisa semakin peka dan bersinergi untuk membangun pendidikan dengan lebih baik ke depannya, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here