Home Blog “ES KEPAL” STRATEGI PEMASARAN MINUMAN YANG KEKINIAN

“ES KEPAL” STRATEGI PEMASARAN MINUMAN YANG KEKINIAN

87
0
SHARE

“Es Kepal” Strategi Pemasaran Minuman yang Kekinian – Berkecimpung di dunia bisnis tak ubahnya seperti seorang anak sekolah yang harus belajar dan terus belajar. Bukan hanya belajar dalam hal memberikan kualitas prima terhadap produknya, tetapi juga berani mengikuti tren kekinian agar tak tergilas kemajuan zaman.

Nah, salah satu strategi yang perlu diperhatikan adalah pemasaran. Strategi pemasaran menyumbang andil besar terhadap kemajuan dan keberlangsungan usaha. Sebagus apa pun kualitas produk yang dihasilkan oleh seorang pengusaha, jika dia tidak dapat memasarkan produknya dengan mengikuti tren kekinian, maka perlahan akan semakin surut pula pendapatannya.

Sektor yang akan selalu dibutuhkan manusia adalah makanan dan minuman. Oleh sebab itu, menjadi pengusaha di sektor ini cenderung lebih mudah jika dibandingkan sektor lainnya. Tetapi seperti yang sudah diungkapkan di atas, biar bagaimana pun bagusnya kualitas produk makanan atau minuman, jika si pengusaha tidak dapat mengemasnya dengan apik, ujung-ujungnya akan tergilas waktu juga.

Agar tak tergilas waktu, pengusaha tersebut harus berani mengambil keputusan dengan bijak. Jika menjalankan strategi baru dirasa sulit, maka mengadopsi tren atau strategi kompetitor bukanlah pilihan yang salah. Salah satu strategi yang sedang tenar di kalangan masyarakat Indonesia kaitannya dengan sektor makanan dan minuman adalah “Es Kepal”. “Es kepal” sebagai strategi pemasaran minuman yang kekinian.

Menelisik lebih lanjut, sebenarnya “es kepal” tersebut bukan murni diciptakan oleh pengusaha Indonesia, melainkan diadopsi dari negara tetangga, Malaysia. Adalah pasangan pengusaha minuman ringan, Saed Lamin dan Shariah Hashim yang memiliki inisiatif untuk menciptakan minuman ringan berbahan dasar sebuah merek susu yang sangat digemari masyarakat Malaysia. Pasangan tersebut memiliki sebuah kedai yang bernama Tok Abah. Baru sebulan lamanya, Kedai Tok Abah memasarkan minuman ringan “es kepal” tersebut, kemunculannya sudah menjadi viral di mana-mana. Apa lagi ketika seorang pembeli merekam aktivitas Saed Lamin dan Shariah Hashim yang sedang melakukan proses pembuatan. “Es kepal” selanjutnya tidak hanya viral di Malaysia saja, tetapi juga merambah ke Indonesia.

Kemudian di Indonesia sendiri, “es kepal” strategi pemasaran minuman yang kekinian pertama kali dilakukan oleh pasangan asal Yogyakarta bernama Danang dan Rara. Sebelum datangnya seorang food traveller, pembeli es kepal di lapak pasangan tersebut hanya berjumlah tak lebih dari sepuluh orang per harinya. Baru setelah video mereka viral, banyak pembeli yang berjejalan ingin menjajal “es kepal” tersebut. Dari video itu juga menginspirasi banyak pengusaha minuman ringan di seluruh Indonesia untuk mengadopsi strategi yang sama. Walhasil, bisa kita lihat sendiri sekarang betapa viralnya “es kepal” ini.

Bagaimana? Apakah kamu sudah mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here