Home Blog TRAINING KARYAWAN

TRAINING KARYAWAN

68
0
SHARE

Training Karyawan – Karyawan merupakan salah satu aset berharga bagi perusahaan. Jika kamu memiliki usaha yang sudah tidak mampu kamu kelola sendiri, pilihan terbaik adalah mempekerjakan orang lain menjadi karyawanmu. Sebagai pengusaha, kamu harus memperdalam ilmu manajemen. Jika kaitannya dengan karyawan, kamu harus memperdalam MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia). Sebelum merekrut pegawai, kamu harus melakukan seleksi kemudian pelatihan. Pelatihan atau training karyawan itu sendiri, secara garis besar hanya dibagi menjadi dua macam, yaitu on the job training dan off the job training.

Berikut ini penjelasan, kelebihan dan kelemahan kedua sistem di atas :

On the job training; yaitu sistem pelatihan di mana karyawan dilatih melakukan pekerjaan sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang nantinya akan ditempatkan pada divisi yang sama.

Kelebihan sistem on the job training:

  1. Karyawan akan mendapatkan pelatihan sesuai dengan kenyataan pekerjaan yang nantinya akan dijalani.
  2. Karyawan akan dilatih oleh karyawan senior yang sudah mahir dalam pekerjaan tersebut, bukan mentor pada saat itu saja.
  3. Jenis training karyawan ini bersikap mengalir, informal, sehingga tidak membutuhkan anggaran khusus.
  4. Sebelum melakukan pekerjaan yang sesungguhnya, antara karyawan baru dengan senior akan terjalin komunikasi dan kedekatan intens.
  5. Training dilakukan pada suasana dan lingkungan kerja yang sebenarnya, sehingga memudahkan karyawan untuk beradaptasi.
  6. Motivasi karyawan baru akan semakin terasah ketika dia sudah lepas training.

Kelemahan sistem on the job training:

  1. Jika si pelatih kurang motivasi dalam melakukan pelatihan terhadap karyawan baru, akan berdampak buruk bagi psikologi karyawan baru.
  2. Mungkin saja si pelatih dapat menjalankan tugasnya dengan baik, tetapi dia kurang dapat menyampaikannya kepada karyawan baru.
  3. Pelatih harus bekerja sekaligus melakukan pelatihan, jika si pelatih tidak dapat membagi waktu, maka ia akan kehilangan elemen-elemen penting dalam training
  4. Jika karyawan tidak terlatih dengan baik, maka akan berdampak buruk terhadap perusahaan.

Of the job training; yaitu pelatihan yang dilakukan secara formal selain untuk membekali karyawan baru mengenai ilmu-ilmu mengenai deskripsi pekerjaannya nanti, juga untuk memberikan kemampuan lain seperti skill komunikasi, dan lain sebagainya.

Kelebihan sistem off the job training:

  1. Dilakukan secara profesional dan lebih fokus. Sehingga karyawan baru dapat dengan leluasa bertanya dan berdiskusi dengan mentor tanpa harus sungkan jika mengganggu mentornya.
  2. Sistem ini dapat menggali keterampilan lain karyawan baru yang mungkin saja dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.
  3. Karyawan baru dituntut untuk cerdas dalam berpikir dan mengambil keputusan terhadap suatu permasalahan.
  4. Mentor biasanya adalah seorang profesional yang memberikan materi dengan gamblang dan melibatkan karyawan baru.
  5. Efektif untuk pelatihan karyawan dalam jumlah besar.

Kelemahan sistem off the job training:

  1. Training dilakukan tidak pada kondisi pekerjaan yang sesungguhnya.
  2. Harus kembali beradaptasi dengan lingkungan dan senior baru.
  3. Terkadang beberapa metode off the job training membutuhkan biaya yang mahal untuk menggaji mentor, dan sebagainya.
  4. Materi yang disampaikan mentor lebih bersifat teoritis, sehingga materi praktisnya sedikit kurang, dan menyebabkan karyawan baru harus kembali membiasakan diri dengan pekerjaannya, jika sudah benar-benar bekerja.

Itulah penjelasan mengenai sistem on the job dan off the job training. Kamu sebagai pengusaha seharusnya dapat mengambil keputusan cerdas, lebih bermanfaat mana antara sistem on the job training atau off the job training.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here