Home Blog MOTIVASI DIRI AGAR SEMANGAT

MOTIVASI DIRI AGAR SEMANGAT

78
0
SHARE

Motivasi Diri agar Semangat – Dalam setiap perbuatan atau tindakan, memberikan motivasi diri agar semangat merupakan suatu keharusan. Pun begitu dengan menulis. Menulis pada dasarnya bukan hanya menuangkan sebuah pemikiran atau gagasan semata, lebih daripada itu, menulis juga bermanfaat untuk membagikan semangat yang kamu miliki dan membagikannya kepada orang lain.

Jika dulu menulis masih dianggap sulit karena keterbatasan media, berbeda dengan saat ini dimana menulis tidak harus menunggu majalah atau media cetak lain menayangkan gagasan dan pemikiran kamu, tetapi hanya melalui media sosial, kamu dapat menuliskan apa yang ada di pikiranmu. Selain itu, membuat blog pribadi dan menjadi kontributor suatu situs web merupakan cara modern yang dapat kamu lakukan untuk terus meningkatkan kemampuan menulismu.

Motivasi diri agar semangat menulis juga patut kamu miliki untuk menjaga konsistensi pada dirimu. Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan untuk membangkitkan gairah menulis demi menebar kebaikan kepada orang lain:

  1. Memiliki tujuan menulis;

Seperti kegiatan lain, menulis juga memiliki tujuan tertentu. Ada yang semata-mata murni karena ingin mengungkapkan gagasan, ada yang ingin memberikan pengalaman kepada yang lain, lebih daripada itu, ada juga yang menulis untuk mendapatkan keuntungan finansial. Dengan mengetahui tujuan menulis, kamu akan semakin semangat membangkitkan gairah dalam menulis, terlepas dari komentar orang yang hanya ingin menjatuhkan.

  1. Membuat jadwal dan target;

Meskipun menulis hanya melibatkan dirimu sendiri, tetapi memiliki jadwal dan target khusus akan sangat membantumu dalam menyelesaikan tulisan. Misalnya, kamu ingin membuat buku mengenai motivasi, setiap hari kamu harus menuliskan satu bab dengan berapa jumlah kata yang kamu tentukan sendiri. Dengan begitu, kamu akan selalu disiplin dan merasa bersalah jika tidak dapat mencapai target. Memberikan hukuman dan penghargaan kecil bagi dirimu juga dapat kamu terapkan untuk membuat motivasi diri agar semangat menulis.

  1. Banyak membaca;

Penulis baik adalah seorang pembaca yang rakus. Untuk memperkaya diksi dan pengetahuan, kamu perlu banyak membaca, kemudian mengaplikasikan pengetahuan yang kamu dapat dari bacaan tersebut di dalam tulisanmu. Ingat, tujuan membaca bukan untuk menjiplak, tetapi menjadikannya referensi dan memetik ilmu sedalam-dalamnya.

Untuk membuat dirimu selalu memiliki motivasi diri agar semangat menulis, selain beberapa hal di atas, kamu juga perlu berada di lingkungan penulis dan mengikuti komunitas khusus, yang anggota-anggotanya saling berbagi pengalaman dan mau membantu satu sama lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here