Home Blog CARA MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA BAGI ANAK MUDA

CARA MELESTARIKAN BUDAYA INDONESIA BAGI ANAK MUDA

64
0
SHARE

Cara Melestarikan Budaya Indonesia Bagi Anak Muda – Jika menilik ke belakang, betapa perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Indonesia tidak dapat dilupakan begitu saja. Salah satu tujuan para pejuang berani bertaruh nyawa dan menggadaikan setiap alir darah, bukan saja untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga untuk melestarikan keberadaban Indonesia. Salah satu cara untuk melestarikannya adalah melalui budaya. Indonesia yang kaya akan kebudayaan, tradisi, suku, agama, dan ras, patut untuk dijaga keberadaannya secara turun temurun.

Tetapi, coba lihat fenomena yang terjadi pada generasi yang seharusnya melestarikan kebudayaan Indonesia. Anak muda Indonesia cenderung kurang memiliki ketertarikan lagi dengan budaya bangsa. Kemajuan teknologi serta banyaknya gawai yang diimpor dari luar negeri malah semakin memperburuk kesadaran anak muda seputar kebudayaan Indonesia. Miris sekali memang.

Di situlah peran kita sebagai generasi masa depan yang melek kesadaran untuk mulai memupuk teman-teman kita agar mampu melestarikan kebudayaan Indonesia. Nah, berikut ini cara melestarikan budaya Indonesia bagi anak muda.

  1. Lakukan dengan sesuatu yang menyenangkan, misalnya sambil menjalankan hobi.

Cara pertama untuk melestarikan kebudayaan Indonesia yang dapat kita lakukan adalah sambil menjalankan hobi. Hobi atau kegemaran menjadi sarana paling menyenangkan bagi anak muda agar tetap melestarikan kebudayaan bangsanya. Misalnya, ketika kita hobi membaca buku, maka mulailah untuk membaca buku-buku yang menceritakan kebudayaan Indonesia. Pun begitu ketika kita hobi bermain video game di gawai, maka carilah permainan yang mencerminkan kebudayaan Indonesia. Dengan kemajuan zaman yang pesat, pasti ada, kok, permainan semacam itu.

  1. Bangga mengenakan pakaian atau pernak-pernik yang mencerminkan kebudayaan bangsa;

Cara kedua untuk melestarikan kebudayaan bangsa adalah jangan sungkan, malu, atau dianggap kolot ketika harus menggunakan pakaian atau pernak-pernik kebudayaan Indonesia. Misalnya dengan bangga mengenakan batik, dan aksesoris lainnya untuk menunjang penampilan seharu-hari.

  1. Menjaga kebudayaan Indonesia dari incaran bangsa lain;

Banyak kasus yang meng-klaim budaya Indonesia, seperti wayang adalah milik negara lain, padahal sepenuhnya kebudayaan tersebut milik Indonesia. Nah, di sinilah peran kamu untuk menjadi kontrol bagi Indonesia agar tidak sampai kehilangan kebudayaannya.

  1. Produksi barang-barang yang mencerminkan budaya Indonesia;

Cara melestarikan budaya Indonesia bagi anak muda selanjutnya adalah menggunakan naluri kewirausahaan untuk menciptakan produk-produk bernilai budaya. Syukur-syukur jika keluarga kita memiliki usaha tersebut, maka kita harus melanjutkannya dengan strategi-strategi modern.

Kebudayaan Indonesia adalah bukti betapa Indonesia merupakan negara kaya. Jangan pernah lengah untuk menjaganya. Banggalah menjadi masyarakat Indonesia. Jangan hanya bangga meniru kebudayaan asing saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here