Home Blog SEMINAR KEPEMIMPINAN

SEMINAR KEPEMIMPINAN

96
0
SHARE

Seminar Kepemimpinan – Generasi muda merupakan kunci utama bagi kesuksesan Indonesia ke depannya. Itulah sebabnya mengapa kamu sebagai anak muda diharapkan mampu untuk memiliki karakter disiplin yang dapat membawa Indonesia menjadi negara yang semakin maju di kemudian hari. Salah satu karakter yang harus dimiliki anak bangsa adalah mengenai kepemimpinan atau leadership. Pilihan atau cara untuk melatihmu memiliki karakter sebagai seorang pemimpin adalah dengan mengikuti seminar kepemimpinan. Sebenarnya seminar semacam ini acap kali dilakukan oleh suatu komunitas swasta maupun institusi bentukan pemerintah.

Apalagi jika kamu merupakan mahasiswa, jangan abaikan kegiatan tersebut untuk menunjang pembentukan karakter kepemimpinan dalam dirimu. Jika mendengar kata pemimpin, sering disangkutpautkan dengan seorang yang memiliki jenis kelamin laki-laki. Padahal, seiring berkembangnya jaman, seorang wanita juga mampu menjadi pemimpin, bahkan pada tingkat presiden. Itulah mengapa tidak ada alasan buatmu untuk mengikuti seminar tersebut.

Jika dirinci lebih lanjut, berikut ini manfaat untukmu dalam mengikuti seminar kepemimpinan:

  1. Lewat seminar itu, kamu akan diajari tentang apa yang dapat dilakukan untuk Indonesia;

Melalui seminar kepemimpinan, kamu akan belajar apa saja yang dapat kamu lakukan untuk kemajuan Indonesia. Melalui seminar ini pula, kamu akan diajarkan bagaimana caranya menggali karakter dan kemampuan atau passion yang sesuai denganmu. Setelah itu, para mentor akan merumuskan hal-hal apa saja yang dapat kamu lakukan demi kemajuan Indonesia terkait dengan bidang kerja yang kamu inginkan. Jika kamu menyukai bidang kerjamu itu, bukan tidak mungkin kamu akan lebih mudah mengelola risiko yang terjadi jika suatu saat nanti usahamu sedang kembang kempis, lalu segera bangkit dan berkarya kembali. Dengan melakukan perekrutan terhadap orang-orang di sekitar, tentu saja berkontribusi bagi kemajuan Indonesia, karena kamu sudah turut berkontribusi mengurangi angka pengangguran.

  1. Dengan mengikuti seminar kepemimpinan, kamu akan diajarkan bagaimana caranya berkomunikasi dengan orang lain;

Bagaimana bisa kamu menjadi seorang pemimpin, padahal kamu adalah seorang yang pemalu? Salah satu caranya adalah dengan mengikuti seminar kepemimpinan. Melalui seminar ini, kamu akan dididik untuk mampu berkomunikasi dengan orang lain dengan lugas tetapi tetap luwes. Bukan hanya itu, seorang pemimpin juga harus mampu memberikan arahan, panduan, penghargaan, bahkan hukuman kepada orang-orang yang dipimpinnya. Kamu akan diajari hal ini.

  1. Seminar kepemimpinan akan memupuk rasa percaya dirimu;

Sebagai seorang pemimpin, wajib hukumnya untuk selalu percaya diri terhadap setiap perilaku yang dia lakukan. Jika kamu menjadi seorang yang labil karena plin-plan dan tidak percaya diri dalam mengambil keputusan, maka orang-orang yang kamu pimpin pun akan mempertanyakan kredibilitasmu sebagai seorang pemimpin. Rasa percaya diri yang tinggi juga akan memberikan suatu efek positif bagi dirimu untuk mengasah kemandirianmu, selain berkaitan dengan organisasi yang nantinya akan kamu pimpin, juga dalam melakukan kegiatan sehari-harimu.

  1. Seminar ini akan mengajarkanmu betapa Indonesia memerlukan sosok anak muda sepertimu;

Sebelumnya kamu beranggapan bahwa kamu tidak memiliki kontribusi yang besar bagi Indonesia. Jangankan berkontribusi bagi Indonesia, berkontribusi bagi lingkungan pun kamu masih menganggap belum mampu. Dengan mengikuti seminar ini, kamu akan menyadari betapa Indonesia memerlukan anak muda sepertimu.

Itulah beberapa manfaat mengikuti seminar kepemimpinan. Semoga mulai saat ini, kamu sadar betapa Indonesia membutuhkan generasi muda yang mumpuni demi kemaslahatan bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here