Home Blog TOKOH PUBLIC SPEAKING INDONESIA

TOKOH PUBLIC SPEAKING INDONESIA

56
0
SHARE

Tokoh Public Speaking Indonesia – Berbicara di depan khalayak ramai akan menjadi masalah tersendiri bagi kamu yang belum terbiasa melakukannya. Selain perasaan gelisah, bahkan tremor yang menyerang. Menjadi seorang pembicara juga membuatmu takut menghadapi cemoohan orang lain jika kamu belum mahir melakukannya. Namun, jika melihat beberapa tokoh public speaking Indonesia yang benar-benar lihai dalam berbicara di hadapan orang lain, pernahkah kamu memperkirakan bagaimana caranya?

Yang perlu kamu tahu, mereka mampu melakukannya dengan latihan-latihan khusus dan jam terbang tinggi. Dengan kata lain, kesuksesan dan kepercayaan diri untuk membawakan materi ke hadapan orang lain tersebut tidak didapatkan secara instan. Berbagai macam profesi memiliki tokoh public speaking Indonesia, mulai dari tokoh politik, motivator, sampai ustadz atau ustadzah yang mahir memberikan ilmu agama dengan cara yang menyenangkan. Bayangkan, jika kamu mampu seperti mereka. Kamu akan bebas mengutarakan pendapatmu serta dapat membagikan ilmu dan pengetahuan yang kamu miliki kepada orang lain.

Lantas, bagaimana cara mereka untuk menumbuhkan rasa percaya diri sampai menjadi seorang tokoh public speaking Indonesia?

Berikut ini ulasannya :

  1. Menjadikan tokoh favoritmu sebagai inspirator sekaligus referensi pembelajaran;

Kamu dapat meneledani tokoh public speaking Indonesia favoritmu sebagai inspirator sekaligus rujukan buatmu untuk belajar untuk selalalu menarik perhatian orang-orang di sekitarmu. Pelajari bagaimana cara mereka memberikan materi secara tepat sasaran tetapi tidak membosankan.

  1. Praktikkan apa yang sudah kamu pelajari;

Setelah kamu menjadikan tokoh favoritmu sebagai seorang inspirator, selanjutnya kamu dapat mempraktikkan teknik yang mereka gunakan. Meskipun kamu menjadikan mereka sebagai rujukan, tetapi adopsi teknik yang mereka gunakan saja, tanpa perlu meniru style mereka. Kamu harus menjadi dirimu sendiri dalam setiap penyampaian materi yang nanti akan kamu sampaikan.

  1. Perkaya perbendaraan kata;

Cara selanjutnya untuk menjadi seorang tokoh public speaking Indonesia adalah dengan memperkaya perbendaraan kata dan bahasa. Mengapa hal tersebut perlu kamu lakukan? Jawabannya adalah untuk membuatmu semakin lihai dalam memberikan materi kepada audience-mu. Bagaimana bisa kamu menarik perhatian mereka dengan kata-kata dan kalimat yang membosankan dan tidak berbobot?

  1. Manfaatkan kesempatan yang kamu dapat untuk belajar public speaker;

Untuk kamu sebagai seorang mahasiswa, pasti selalu akan ada saatnya di mana kamu akan mempresentasikan hasil pengerjaan tugas kamu di hadapan dosen dan teman-teman sekelasmu. Dan untuk kamu yang sudah bekerja dan berprofesi sebagai seorang karyawan, apabila perusahaan menunjukmu untuk melakukan presentasi tugas kantor, maka manfaatkanlah dengan baik. Berhenti untuk sembunyi dan melemparkan tugas tersebut kepada orang lain, temanmu misalnya. Semakin kamu terbiasa melakukan presentasi, semakin terasah pula kemampuan public speaking-mu. Dengan begitu, kamu akan lebih terbiasa dan percaya diri jika berhadapan dengan orang lain.

  1. Pertimbangkan komentar dan masukan dari semua pihak;

Untuk melatih kemampuanmu berbicara di hadapan orang lain, selain kamu harus konsisten dalam belajar, seharusnya kamu juga mau menerima setiap komentar, baik itu kritik maupun saran yang membangun dari semua pihak. Berhentilah putus asa ketika kritikan tajam tertuju kepadamu. Jadikan semua komentar mereka sebagai bahan pembelajaran agar kamu menjadi seorang pembicara yang baik.

Itulah beberapa kiat yang dapat kamu lakukan untuk menjadi seorang tokoh public speaking Indonesia. Jika kamu bertanya apa manfaat mempelajari ilmu public speaking, maka garis besar jawabannya bukan hanya untuk menjadi seorang orator ulung saja, tetapi dapat berguna bagi interaksi sosialmu sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here