Home Blog TOKOH HEBAT INDONESIA

TOKOH HEBAT INDONESIA

46
0
SHARE

Tokoh Hebat Indonesia – Tak hanya menyuguhkan kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga telah sukses melahirkan banyak tokoh hebat di bidangnya. Selain menuai keberhasilan di bidang yang ditekuninya, para tokoh hebat Indonesia ini juga sukses menginspirasi generasi muda untuk turut menjejak langkah yang sama. Tokoh-tokoh ini telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap negara, sehingga karya-karyanya patut pula untuk diapresiasi dengan sepenuh hati.

Menilik banyaknya tokoh hebat Indonesia yang bahkan mendunia, kita seharusnya bisa banyak belajar dari kisah hidup mereka. Tidak ada yang menentukan standar kesuksesan seseorang, bahkan jika ia harus memiliki selembar ijazah atau banyaknya prestasi akademik. Tak sedikit dari mereka yang berhasil menuai sukses dengan menekuni passion dan merealisasikan mimpi-mimpi besar. Ternyata, banyak juga tokoh hebat Indonesia yang berangkat menjemput sukses tanpa ijazah studi yang lebih tinggi.

Bicara tentang passion, barangkali dua tokoh hebat Indonesia ini bisa menginspirasimu untuk mengejar mimpi. Mereka bisa menjadi contoh untukmu bahwa dengan menggeluti kegemaran yang positif dan berjuang atas mimpi-mimpi besar, akan mengantarkanmu menuju pintu-pintu keberhasilan versimu sendiri.

  1. Chairil Anwar

Siapa tidak mengenal pujangga hebat yang satu ini? Karya-karyanya yang fenomenal dan mendarah daging di Nusantara ini sudah pasti telah menyiapkan tempat terbaik untuk dedikasinya bagi Indonesia.

“Si Binatang Jalang” dari Medan ini dikenal sebagai seorang penyair angkatan 45 yang berpikiran revolusioner. Melalui puisi-puisinya, dia menuliskan keresahan hatinya tentang kemerdekaan Indonesia, kematian, individualisme bahkan multi-interpretasi. Chairil Anwar hanya sempat merampungkan studinya sampai tingkat MULO saja. Di usia 18 tahun dia banting setir bertekad menjadi seniman.

Meskipun begitu, sudah banyak karya kumpulan puisi Chairil Anwar yang sangat terkenal, diantaranya: Deru Campur Debu (1949), “Aku Ini Binatang Jalang: koleksi sajak 1942-1949” yang disunting oleh Pamusuk Eneste dan kata penutup oleh        Sapardi Djoko Damono (1986), Derai-derai Cemara (1998), dan lain sebagainya.

  1. Dahlan Iskan

Raja media Indonesia ini sudah sangat dikenal dengan eksistensinya di dunia jurnalistik. Kepiawaian dalam menulis telah mengantarkannya membuka pintu-pintu peluang kesuksesan yang siapa sangka akan berpengaruh besar dalam dunia media Indonesia.

Siapa sangka bahwa lelaki kelahiran Jawa Timur ini menjadi tokoh sukses di Indonesia tanpa title bergengsi. Dahlan hidup di tengah-tengah kehidupan keluarga yang sulit, namun ia tetap teguh memegang mimpinya. Setamat SLTA, Dahlan melanjutkan studi di fakultas Hukum IAIN Sunan Ampel dan Universitas 17 Agustus. Namun semasa kuliah, Dahlan sibuk berorganisasi kemahasiswaan dan menulis di media atau koran-koran. Akhirnya karena saking sibuknya, dia meninggalkan bangku kuliah.

Kepiawaiannya dalam menulis membuat karyanya diminati pembaca. Karena tulisan juga lah, Dahlan sempat menjadi wartawan Tempo, kepala biro Tempo jatim, hingga diangkat menjadi pimpinan koran Jawa Pos. Jawa Pos yang sempat collap saat itu, begitu ditangani Dahlan, oplah Jawa Pos perlahan naik menjadi 126.000 eksemplar dalam kurun waktu 5 tahun 1982-1987.

Itu tadi kisah perjalanan hidup dua tokoh hebat Indonesia yang sukses tanpa ijazah kuliah. Mereka berjuang atas passion dan mimpi, hingga berani merealisasikannya dengan sepenuh hati menjadi karya-karya terbaik dalam bidang kepenulisan. Dari mereka kita belajar, untuk mencapai kesuksesan, kita tidak perlu terpatok pada standar sukses yang diberlakukan oleh lingkungan, namun lebih dari itu, kita harus berjuang lebih keras menciptakan standar kita sendiri. Kenali passion-mu, dan berjuanglah untuk itu. Kalau mereka saja bisa sukses tanpa ijazah kuliah, seharusnya kita yang bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi juga bisa sukses seperti mereka, bukan? Jadi, bersemangatlah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here