Home Blog MOTIVASI SUKSES DARI AL-QURAN

MOTIVASI SUKSES DARI AL-QURAN

64
0
SHARE

Motivasi Sukses dari Al-Quran – Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Banyak kisah-kisah dalam Al-Quran yang menggugah semangat dan membangkitkan motivasi bagi kamu sebagai muslim. Motivasi sukses dari Al-Quran, seyogyanya bisa selalu menjadi pegangan hidup bagi kamu, baik ketika kamu merasa senang atau ketika sedih. Karena hanya dalam Al-Quran, kamu mampu menggali nilai-nilai kehidupan yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Motivasi sukses dari Al-Quran pun menjadi sangat penting kamu lakukan demi meraih kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Berikut ini serba-serbi mengenai Al-Quran yang dapat kamu terapkan:

  1. Al-Quran sebagai petunjuk umat manusia;

Dalam berbagai ayat di Al-Quran, Allah sendiri sudah menjamin bahwa seseorang yang menggunakan Al-Quran dengan baik, maka orang tersebut akan selamat dunia dan akhirat. Sebaliknya, orang yang mengingkari keberadaan Al-Quran, maka orang tersebut akan masuk ke neraka jahanam. Itulah mengapa kamu sebagai seorang muslim wajib hukumnya mempergunakan Al-Quran sebagai pedoman hidup di dunia untuk menuju kesuksesan di akhirat.

  1. Al-Quran memiliki nama lain;

Al-Quran sebagai bacaan dan petunjuk umat beragama memiliki banyak nama lain. Sebagai umat Islam, kamu wajib tahu beberapa nama lain dari Al-Quran, di antaranya Al-Kitab, Al-Furqon, Adz-Dzikir, dan lain sebagainya.

  1. Pembagian dalam Al-Quran;

Motivasi sukses dari Al-Quran demi belajar Al-Quran ini salah satunya dengan mengetahui pembagian dalam Al-Quran. Al-Quran dibagi menjadi surah, ayat, dan ada juga juz.

  1. Menurut tempat turunnya ayat;

Ayat Al-Quran diturunkan di Mekah atau yang disebut Makkiyah dan di Madinah atau yang disebut Madaniyah. Pembagian tersebut dilakukan sebelum Nabi Muhammad hijrah yakni dari Mekah dan setelah Nabi hijrah ke Madinah. Ciri-ciri surat yang turun di Mekah yaitu surat yang pendek berujar mengenai akhlak dan bagaimana manusia menjaga prinsip-prinsip keimanan. Sedangkan, surat yang turun di Madinah memiliki ciri-ciri surat yang panjang mengenai pengaturan-pengaturan hubungan orang dengan orang lain dan dengan Tuhan.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui mengenai Al-Quran sebagai motivasi suksesmu menjalankan kehidupan. Motivasi sukses dari Al-Quran adalah suatu teladan yang sangat krusial, karena kamu adalah orang Islam yang butuh selalu mendapat pedoman dalam setiap kegiatan. Al-Quran juga merupakan kitab sepanjang zaman, yang dapat kamu baca setiap waktu, tanpa tergerus oleh kemajuan teknologi dan kemajuan zaman. Bahkan banyak ilmu pengetahuan yang baru ditemukan, padahal dalam Al-Quran sudah ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here