Home Blog MOTIVASI HIDUP

MOTIVASI HIDUP

16
0
SHARE

Motivasi Hidup – Setiap yang bernyawa, akan merasakan mati. Nah, selama kita masih bernyawa, kita harus menjalani kesempatan bernama kehidupan ini dengan sebaik-baiknya. Kenapa sih kita butuh motivasi hidup? Sebab, memang nggak mudah menjalani hidup ini tanpa tujuan apapun. Kita diciptakan sejatinya untuk beribadah kepada Allah, tetapi kita juga dituntut untuk menjalani prosesnya yang pasti nggak pernah mudah. Tujuannya? Jelas untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah. Karena selama apapun kita hidup di dunia, pasti akan kembali juga kepadaNya. Jadi, apa motivasi hidupmu?

Membicarakan tentang kehidupan pasti nggak pernah ada habisnya. Pertanyaannya, kita sudah melakukan apa selama hidup di dunia ini?

“Satu hari kau bahagia, terkadang kau bersedih, inilah hidup. Hadapi kegaduhan dengan keteduhan, katakanlah Alhamdulillah.

@tausiyahku

Inilah hidup. Di satu sisi, kita harus merasakan pedihnya kegagalan untuk menikmati indahnya keberhasilan. Terkadang, kita harus mengalami pahitnya berjuang sebelum mengecap manisnya kesuksesan. Segala hal yang terjadi dalam hidup kita bukan tiba-tiba ada tanpa alasan. Semuanya sudah diatur oleh yang Maha Mengetahui, sehingga tugas kita hanya menjalankannya dengan sebaik-baiknya. Namun terkadang, hidup tidak semudah apa yang orang tuliskan. Tidak ada yang mengatakan hidup itu mudah, yang ada hanyalah bagaimana cara kita menjadikan hidup terasa lebih mudah untuk dijalani.

Sudah tahu kan bagaimana pentingnya motivasi hidup bagi kita? Karena hidup kita harus lebih baik dari hari ke hari, maka kita juga harus selalu bergerak untuk menjadi pribadi lebih baik setiap waktu. Dikutip dari @rintisan.id, ada sepuluh hal yang harus kamu kurangi jika ingin hidupmu lebih baik:

  1. Mengeluh/ protes

Hidup jadi tidak ada indah-indahnya kalau setiap saat kita mengeluh. Mengeluh tentang apapun, merasa segalanya tidak berjalan dengan baik lantas mudah menyalahkan keadaan, menyalahkan diri sendiri, hingga menyalahkan orang lain. Jangan, ya? Lebih baik mensyukuri setiap hal yang terjadi, baik yang buruk maupun baik. Memang sulit, siapa bilang manusia bisa melepaskan kebiasaan mengeluh yang bahkan sering kita lakukan tanpa sadar. Tetapi, tidak pernah ada kata terlambat untuk merubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik.

  1. Membatasi kemampuanmu

Jangan sampai karena kita lebih peduli omongan orang lain, kita jadi nggak pede sama kualitas dan kemampuan diri sendiri. Percayalah, hidupmu akan menjadi lebih bermakna jika kamu memanfaatkan potensi yang ada dalam dirimu untuk hal-hal yang positif bagi dirimu dan orang lain.

  1. Menuduh orang lain

Hanya karena kita tidak mendapatkan sesuatu sesuai dengan keinginan kita, lantas kita mudah menuduh orang lain melakukan kesalahan? Kurang-kurangi menghakimi orang ya, apalagi menyebarkan kesalahannya yang belum tentu disengaja. Lebih baik introspeksi diri daripada mudah menyalahkan orang lain.

  1. Berkata negatif tentang diri sendiri

Sering banget! Dan, ya, tahukah kamu bahwa setiap perkataan kita adalah doa? Dan setiap perkataan yang diucapkan akan diterima tubuh sebagai suatu pesan untuk menjadikannya kenyataan? Wah, lebih hati-hati lagi, ya. Kita diciptakan sudah dengan sangat sempurna, jangan sampai merusaknya dengan kata-kata kita. Rendah hati boleh, tapi kalau rendah diri, kurang-kurangi deh.

  1. Hidup dalam kenangan masa lalu

Hanya karena kita pernah berlaku salah di masa lalu, bukan berarti hidup berhenti sampai disitu. Yuk, move on! Terlalu banyak lihat ke belakang hanya akan membuat kita tidak fokus dengan apa yang ada di depan.

  1. Tidak mau berubah

Karena merasa apa yang kita lakukan sudah yang paling benar, kita jadi menyepelekan yang lain. Sering-sering introspeksi diri, ya! Jangan sampai kita nggak mau terbuka untuk berubah menjadi lebih baik.

  1. Mudah merasa kecewa

Kecewa itu wajar, yang nggak wajar itu terus-menerus merasa kecewa sampai putus asa dan nggak mau mencoba lagi. Hidup itu adalah sekumpulan kecewa dan bahagia, maka kita harus lebih bijaksana menyikapi keduanya. Kalau kecewa jangan terlalu lama, nanti melewatkan banyak kesempatan yang baik saat kita berhenti mencoba.

  1. Takut dipermalukan/ ditolak

Pernah ngerasa ingin melakukan sesuatu tetapi takut ditolak? Yuk, mulai kurang-kurangin rasa nggak percaya diri itu. Kalau kita nggak mencoba, kapan kita tahu kalau itu berhasil atau enggak? Intinya, coba aja dulu.

  1. Takut berbuat kesalahan

Idealis, perfeksionis, nggak akan mencoba kalau belum benar-benar mampu. Hey, semua orang terlahir dengan kemampuan masing-masing, beberapa butuh belajar dan mendapatkan pengalaman. Kalau kita tidak mau mencoba hanya karena takut membuat kesalahan, lantas kapan kita akan belajar dari pengalaman?

  1. Lari dari kenyataan

Hidup itu kenyataan bagi orang-orang yang menjalaninya, dan dalam kenyataan, kita nggak bisa melarikan diri jika memang terjadi hal-hal yang tidak sesuai harapan. Jalani! Maka kita akan menemukan jalan keluar seiring berlalunya waktu. Jadilah gentle untuk tidak takut menghadapi segala kemungkinan, ya.

Nah, itu tadi 10 poin yang harus kita kurangi jika ingin hidup kita jadi lebih baik. Bagaimana? Motivasi hidup ini bisa jadi alasan untukmu terus melangkah, kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here