Home Blog PROPOSAL SEMINAR MOTIVASI

PROPOSAL SEMINAR MOTIVASI

80
0
SHARE

Proposal Seminar Motivasi – Dalam setiap kegiatan formal, dibutuhkan beberapa tahap sebelum menjalankan sebuah acara. Begitu juga acara tentang seminar motivasi. salah satu tahap utama sebelum menjalankan tahap lainnya adalah dengan menyusun proposal seminar motivasi. Proposal brasal dari kata dalam Bahasa Inggris yaitu to propose artinya adalah mengajukan.

Proposal itu sendiri digunakan untuk memberikan sebuah penawaran, pengajuan, atau permohonan suatu tema atau gagasan, termasuk acara kepada pihak yang berwenang atau yang mampu diajak kerja sama dan mendapatkan dukungan dari pihak tersebut. Proposal seminar motivasi misalnya, dapat diajukan kepada pihak sponsor atau perusahaan baik swasta maupun pemerintah. Selanjutnya, pelaksana kegiatan akan mendapatkan dukungan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, dalam hal dana, gedung, dan sebagainya.

Sementara itu, bentuk dan jenis proposal dapat kamu simak pada ulasan di bawah ini:

  1. Proposal formal;

Proposal formal menggunakan tata cara penulisan dan bahasa yang formal. Terdiri dari beberapa bagian utama dalam proposal yaitu pendahuluan, isi, kemudian penutup. Selain itu, juga ada beberapa komponen lain seperti karya tulis ilmiah lainnya berupa metodologi, kata pengantar, kesimpulan, dan lain sebagainya.

  1. Proposal semi formal;

Proposal semi formal beberapa bagiannya memang mirip dengan proposal formal, namun tidak selengkap proposal formal tersebut.

  1. Proposal non formal;

Proposal non formal disampaikan dalam bentuk seperti surat, tidak seperti karangan ilmiah, tetapi tetap mencakup hal-hal seperti masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.

Sementara itu, terkait manfaat dari pembuatan proposal seminar motivasi itu sendiri, adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai kompas bagi pelaksana dalam kegiatan seminar motivasi agar dapat menjadi suatu pegangan dalam setiap kegiatan yang nantinya dijalankan.
  2. Menjadi pegangan atau semacam bukti bagi berbagai pihak yang memiliki kepentingan dalam acara proposal seminar motivasi tersebut.
  3. Digunakan sebagai sarana untuk mendeskripsikan acara yang mungkin saja dipertanyakan oleh berbagai pihak.
  4. Proposal seminar motivasi juga digunakan untuk memberikan suatu kemudahan kepada penyelenggara agar mendapatkan dukungan dari para sponsor.
  5. Menambah keyakinan sponsor apabila seminar dibuat dengan baik.

 

Proposal dalam kegiatan seminar motivasi merupakan tahap utama penyelenggara dalam menyelenggarakan seminar motivasi. Membuat proposal yang baik, tentunya wajib kamu lakukan agar berbagai pertimbangan positif dari berbagai pihak. Seperti pihak sponsor maupun pihak lain yang akhirnya mampu mempercayai kredibilitas dan legalitas acara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here