Home Blog ALASAN MENGAPA MASIH BANYAK YANG PERCAYA TEORI KONSPIRASI

ALASAN MENGAPA MASIH BANYAK YANG PERCAYA TEORI KONSPIRASI

11
0
SHARE

Alasan Mengapa Masih Banyak yang Percaya Teori Konspirasi – Berhembusnya berita-berita menolak fakta masih sering wara-wiri terdengar di sekitar kita. Kamu pernah dengar, tidak, berita yang menyatakan kalau sebenarnya Ir. Soekarno itu masih hidup? Atau berita yang menyatakan jika artis terkenal asal Kanada, Avril Lavigne yang sudah meninggal dunia? Atau berita soal munculnya pesawat alien yang membentuk pola unik di persawahan beberapa tahun lalu?

Semua berita menolak fakta yang masif berdengung di kalangan kita seperti di atas disebut dengan teori konspirasi. Biar pun menolak fakta, nyatanya teori konspirasi masih saja banyak dipercayai masyarakat luas. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui alasan mengapa masih banyak yang percaya teori konspirasi. Simak ulasan di bawah ini biar lebih jelas.

  1. Masih ada segolongan masyarakat yang tidak dapat menerima kenyataan;

Teori konspirasi muncul karena masih adanya segolongan masyarakat yang menolak fakta, serta tidak dapat menerima kenyataan yang ada. Misalnya, penyuka cerita alien dan orang-orang yang percaya bahwa kehidupan luar angkasa itu benar-benar ada, menyatakan bahwa lingkaran unik yang terjadi di sawah terbentuk karena memang benar adanya kedatangan dari makhluk luar angkasa tersebut.

Selanjutnya, dengan segala daya upaya, mereka mengait-ngaitkan sedikit fakta untuk memperkokoh pendapatnya kepada orang lain.

  1. Adanya haters dan fans;

Teori konspirasi juga muncul bukan hanya karena pandangan absurd orang-orang yang tidak dapat menerima kenyataan saja. Adanya haters dan fans juga merupakan salah satu potensi munculnya teori konspirasi. Misalnya, haters atau segolongan orang-orang yang tidak suka dengan Avril Lavigne, mencari bahan untuk mengolok orang yang dia tidak suka tersebut, yaitu dengan mengembuskan kabar bohong bahwa Avril yang sebenarnya sudah meninggal. Adapun orang yang memerankan Avril sekarang adalah pemeran pengganti yang kebetulan mirip Avril saja.

  1. Pengalihan isu lainnya;

Teori konspirasi juga dapat muncul karena adanya pengalihan isu semata. Misalnya dengan mengembuskan kabar bahwa Ir. Soekarno masih hidup, otomatis para jurnalis dan wartawan, serta masyarakat Indonesia menyimak pemberitaan mengenai kabar konspirasi tersebut. Padahal ada pihak-pihak yang sengaja mempergunakan teori konspirasi untuk mengalihkan isu korupsi, misalnya.

Dengan memahami alasan mengapa masih banyak yang percaya teori konspirasi seperti di atas, sudah selayaknya kita menjadi semakin cerdas dalam menyaring informasi. Jangan sampai teori konspirasi malah menjadi kabar hoax yang nyatanya malah akan menyita waktu kita untuk hal-hal tidak penting saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here