Home Blog 9 MOTIVASI SUKSES

9 MOTIVASI SUKSES

22
0
SHARE

9 Motivasi Sukses – Sebagai seorang frontliner atau orang-orang yang berinteraksi langsung dengan konsumen, kamu perlu memiliki berbagai kiat khusus untuk menunjang kariermu menjadi lebih baik.

Berbeda dengan back office yang bekerja di balik meja, seorang frontliner diharapkan lebih aktif dalam berkomunikasi, baik itu dengan rekan kerja, atasan, terutama konsumen atau pelanggan. Aktif berkomunikasi dapat menjadi latihan sendiri bagimu, agar semakin mampu memahami berbagai macam karakter konsumen yang berhadapan langsung denganmu. Kamu juga selalu membutuhkan motivasi untuk memberikan suntikan semangat bagi kinerjamu.

Berikut ini 9 motivasi sukses yang dapat menjadi kiat seorang frontliner:

  1. Selalu berpakaian rapi dan wangi;

Kiat pertama yang harus kamu miliki adalah selalu berpakaian rapi dan wangi. Setiap detail dalam dirimu akan selalu diperhatikan oleh para konsumen, itulah sebabnya mengapa pakaian rapi menjadi keharusan buatmu. Aroma tidak sedap dari keringat sedikit banyak juga akan mengganggu aktivitasmu, itulah mengapa kamu perlu selalu menjaga aroma tubuh agar tetap wangi, misalnya dengan memakai deodoran, parfum, mandi ketika istirahat, dan lain-lain.

  1. Selalu tersenyum;

Hal lain yang tidak boleh kamu lupakan adalah selalu tersenyum. Meskipun suasana hatimu sedang tidak baik, sebagai seorang frontliner, tersenyum adalah suatu keharusan.

  1. Berkomunikasi dengan konsumen secara baik dan bersahabat;

Kamu dapat menyebut nama konsumen ketika sedang menjelaskan sesuatu. Hal ini akan membentuk sebuah ikatan dan kesan baik dari konsumen kepadamu.

  1. Pola pikir jika konsumen adalah segalanya;

9 motivasi sukses keempat adalah dengan beranggapan jika konsumen merupakan sahabat, keluarga, dan teman yang harus dibantu. Kamu harus selalu memberikan prioritas kepada konsumen untuk mengutarakan unek-uneknya, baru kemudian kamu memberikan solusi kepadanya.

  1. Memberikan bahasa tubuh yang baik;

Hal lain yang harus kamu lakukan adalah berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh yang baik dengan konsumen. Bahasa tubuh yang baik, misalnya dengan memandang penuh hormat kepada mereka, sikap tubuh tegak, dan sebagainya.

  1. Menggunakan tata bahasa halus;

Meskipun biasanya kamu menggunakan tata bahasa yang santai, jika berhadapan dengan konsumen, kamu harus memakai tutur kata yang halus, dengan nada suara yang pelan tetapi tetap jelas.

  1. Product Knowledge;

9 motivasi sukses yang ketujuh adalah memahami betul pengetahuan mengenai produk yang kamu jelaskan. Hal ini penting sekali, untuk menunjukkan kredibilitas dirimu sendiri, juga perusahaan tempatmu bernaung.

  1. Berbicara mengenai minat konsumen;

Kamu perlu meng-update pengetahuanmu untuk lebih mempererat komunikasimu dengan konsumen. Misalnya di sela-sela penjelasan, kamu bubuhi pertanyaan apa minat mereka, lalu menimpalinya dengan sedikit bercanda tetapi tetap berwibawa.

  1. Menampilkan wajah yang semangat dan hangat;

9 motivasi sukses yang terakhir adalah selalu menampilkan semangat melalui bahasa tubuh dan wajah yang bersahabat. Konsumen akan merasa dihargai jika kamu selalu merekahkan senyum tulus dan bahasa tubuh penuh semangat dalam membantu mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here