Home Blog CARA MENGHILANGKAN RASA STRES

CARA MENGHILANGKAN RASA STRES

55
0
SHARE

Cara Menghilangkan Rasa Stres – Manusia merupakan makhluk kompleks yang dikaruniai hati untuk merasakan dan otak untuk berpikir. Ketidakstabilan antara pikiran dan perasaan tersebut seringkali menimbulkan stres. Stres merupakan suatu beban rohani yang secara alami terjadi karena manusia berhadapan dengan berbagai persoalan hidup. Stres itu sendiri sebenarnya merupakan reaksi yang normal ketika manusia mengalami tekanan hidup.

Pada dasarnya, stres terjadi karena reaksi dari otak yang menginginkan tubuh untuk bergerak dan menghadapinya. Penyebab stres dapat beragam, mulai dari faktor internal dari dalam diri sendiri dan faktor eksternal dari lingkungan luar. Sebenarnya, ketika manusia mengalami stres, tubuh yang dipaksa bergerak tersebut dalam kondisi yang prima untuk menyelesaikan berbagai persoalan, namun seiring dengan perkembangan zaman yang menyebabkan tekanan hidup semakin mudah terjadi, sehingga seringkali stres sulit diatasi. Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa stres dengan bijak?

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:

  1. Beribadah kepada Tuhan;

Beribadah merupakan suatu hal yang tidak boleh Anda tinggalkan, dalam kondisi stres maupun tidak. Dengan melakukan komunikasi dengan Tuhan, tentu saja secara rohani Anda akan semakin baik dan semakin terkontrol.

  1. Berpikir positif dalam menanggapi segala sesuatu;

Cara menghadapi stres yang pertama adalah dengan selalu berpikiran positif terhadap segala sesuatu. Koreksi apa yang membuat Anda menjadi stres, mungkin saja karena pemikiran negatif yang sering menjerumuskan Anda menjadi pribadi yang mudah stres.

  1. Melakukan hubungan sosial yang baik;

Dengan melakukan komunikasi sosial yang baik, Anda pasti memiliki kawan yang dapat memberikan input positif ketika Anda mengalami stres. Selain itu, Anda juga dapat meminimalisir berbagai masalah jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik terhadap orang lain. Anda dan mereka dapat saling melengkapi dan mengoreksi ketika suatu hal yang tidak Anda inginkan terjadi.

  1. Membaca buku;

Bagi Anda yang gemar membaca buku, salah satu cara menghilangkan rasa stres adalah dengan menutrisi otak Anda melalui berbagai macam jenis buku. Buku apa saja yang menurut Anda dapat menghibur diri Anda. Bisa non fiksi untuk semakin memperkaya sudut pandang Anda. Bisa juga buku-buku fiksi untuk membawa Anda pada dimensi lain sehingga dapat lebih bijak dalam menyikapi persoalan hidup Anda.

  1. Berolahraga;

Cara menghilangkan rasa stres berikutnya adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga bukan hanya dapat menyehatkan jasmani Anda, tetapi juga menjaga kebugaran rohani Anda. Olahraga juga mampu meredam emosi negatif yang ada pada diri Anda karena melepaskan hormon serotonin yang membuat Anda merasa senang.

  1. Melakukan refreshing dengan rekreasi atau berlibur;

Cara lain untuk menghilangkan stres adalah dengan melakukan refreshing. Rekreasi atau liburan akan membawa hawa positif karena Anda dapat merasakan suasana hati yang lebih rileks daripada sebelumnya.

  1. Mendengarkan musik;

Cara menghilangkan stres yang lain adalah dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik favorit akan melepaskan zat endorphin untuk meminimalisir stres dan mengatasi rasa sakit. Selain itu, Anda akan lebih rileks, otot-otot merenggang, detak jantung stabil, dan energi kembali muncul sesuai dengan irama musik yang Anda dengarkan.

  1. Tertawa;

Tertawa juga membawa dampak positif bagi Anda. Tertawa dapat meningkatkan sistem imun dan melepaskan zat-zat penyebab rasa stres. Memancing diri Anda untuk tertawa dapat memberikan pengaruh positif bagi diri Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres. Tentunya, Anda juga harus menanamkan pola pikir bahwa stres dapat dihilangkan. Dengan begitu, Anda dapat mengatasi stres dengan bijak dan menyalurkannya ke dalam kegiatan yang positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here