Home Blog MOTIVASI DIRI

MOTIVASI DIRI

14
0
SHARE

Motivasi Diri – Ketika Anda sedang berjalan dengan asyiknya, namun seketika tersandung dan jatuh, lutut Anda berdarah. Apa yang akan Anda lakukan? Sedangkan di sekeliling Anda tidak ada siapapun yang bisa menolong Anda dan tempat tujuan Anda masih jauh. Tentu, Anda akan merintih kesakitan pada awalnya. Namun, Anda akan kembali bersemangat seolah tak merasakan sakit apapun dan Anda terus berjalan sampai tempat tujuan Anda.

Ya, begitupun dengan tujuan hidup untuk sukses. Pasti Anda akan mengalami rasa sakit yang mungkin lebih sakit daripada ketika lutut Anda terkoyak oleh aspal. Karena, rasa sakit ketika berproses itu sangat menguras perasaan dan pikiran. Di sanalah, Anda memerlukan motivasi diri untuk dapat bangkit kembali berjalan mencapai tujuan Anda.

Bagaimana cara menumbuhkan motivasi diri, ketika Anda sedang sangat terpuruk? Berikut tipsnya:

  1. Menciptakan sensasi

Ketika Anda sedang merasa terpuruk, ciptakanlah sebuah suasana yang dapat membangkitkan semangat Anda. Jangan biarkan diri Anda tetap dalam keterpurukan. Sebab, waktu tidak dapat dihentikan, masih banyak proses perjalanan Anda untuk mencapai mimpi-mimpi Anda.

  1. Terus ingat tujuan Anda

Sebelum Anda berproses pasti Anda memiliki tujuan terlebih dahulu. Ketika Anda terpuruk, maka ingat-ingat kembali tujuan Anda, kenapa Anda harus berproses sejauh ini? Hal itu akan membangkitkan kembali semangat Anda dan membuat Anda bangkit untuk kembali melangkah.

  1. Ingat kematian

Walaupun Anda merasa belum ada gejala menuju kematian, alangkah baiknya mengingat semua kehidupan yang sudah Anda lakukan dan Anda jalani selama ini. Mengingat masa kecil, remaja, hingga saat ini, dan mengingat akan ajal yang pasti akan datang entah itu kapan. Hal itu akan memotivasi Anda untuk terus melakukan banyak hal positif selama sisa-sisa hidup Anda.

  1. Tinggalkan teman yang membawa Anda ke arah negatif

Memilih teman memang harus selektif. Karena teman juga akan menentukan perilaku dan proses Anda. Untuk itu, tidak perlu buang-buang waktu dengan teman yang akan membawa Anda ke arah yang negatif. Habiskan waktu dengan teman-teman yang tidak hanya mendukung pencapaian Anda, tetapi juga mengingatkan dengan jujur atas kesalahan-kesalahan Anda.

  1. Tepis semua ketakutan

Apabila Anda merasa takut akan kegagalan dan ketidakmampuan Anda, ciptakan imajinasi terbaik atas ketakutan Anda. Misal, Anda takut gagal, lalu bayangkan ketika Anda takut, maka Anda akan kehilangan kesempatan. Jadikan ketakutan terbesar Anda sebagai tameng untuk terus menjalani proses Anda.

  1. Welcome to problem

Ya, jangan takut dan bimbang ketika masalah datang. Say hi saja pada setiap permasalahan, lalu hadapi dan jalani semua tantangan yang ada di depan. Anggap saja itu adalah sebuah ujian yang akan mendobrak pintu kesuksesan Anda.

  1. Berlatih dengan keras

Teruslah mengasah kemampuan dan keterampilan Anda. Jangan pernah menyerah, karena Anda pasti bisa melakukan semua itu. Jangan berhenti ketika Anda mengalami kesulitan dalam mengembangan keterampilan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here