Home Blog BIJAK MOTIVASI

BIJAK MOTIVASI

47
0
SHARE

Bijak Motivasi – Sebagai makhluk sosial, sebaiknya Anda selalu peka terhadap segala kondisi lingkungan. Mau mendengarkan setiap perkataan atau kata-kata bijak motivasi baik dari siapapun itu. Bukan hanya dari orang yang lebih tua saja, tetapi juga dari teman, sahabat, atau bahkan yang usianya lebih muda dari Anda. Anda harus mau berpikiran terbuka dan jangan egois dalam mengambil suatu keputusan. Karena pada dasarnya, manusia tidak dapat hidup sendiri.

Menjadi pendengar yang baik merupakan suatu tanda di mana rasa empati yang ada pada diri Anda masih kuat dan mau menerima setiap masukan kata-kata bijak motivasi dari siapapun. Meskipun hal tersebut terdengar klise, tetapi dibutuhkan kerendahan hati yang tinggi untuk mau meresapi dan mengaplikasikan motivasi tersebut ke dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Lantas, bagaimana cara Anda menyikapi dan membagi kata-kata bijak motivasi dari dan untuk orang lain?

Berikut ulasannya :

  1. Saling berbagi dan mendengarkan;

Berbagi perasaan Anda dengan orang lain, akan membuat beban pikiran berkurang meskipun orang tersebut tidak dapat banyak membantu Anda. Jika mereka menjadi pendengar yang baik, maka manfaatkan hal tersebut dengan menggali semua emosi yang ada pada diri Anda. Apabila mereka mengucapkan kata-kata bijak motivasi, giliran Anda mendengarkannya. Saring informasi-informasi dan kiat penting yang dapat Anda lakukan dalam megelola permasalahan yang sedang Anda hadapi.

  1. Tidak perlu banyak berbicara kepada seseorang yang tidak mau mendengarkan kata-kata kita;

Tidak dapat dipungkiri bahwa karakter orang berbeda-beda. Ada yang suka mendengarkan, ada juga yang kurang dapat menerima motivasi dan cenderung tidak mau mendengarkan. Jangan paksa seseorang untuk selalu mendengarkan Anda. Anda hanya perlu memberikan masukan kepada mereka seperlunya saja. Selanjutnya, biarkan orang tersebut menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri.

  1. Menjadi seorang pendengar yang bijak;

Ketika Anda sukses, akan selalu ada saja orang yang tidak suka dengan kesuksesan Anda. Alih-alih mendapatkan suntikan motivasi, bagaimana jadinya jika lawan bicara justru menjerumuskan Anda? Berpikir ulang secara bijak setelah mendapatkan nasihat dari orang lain merupakan jurus jitu untuk menghindari orang-orang yang ingin menjatuhkan Anda.

  1. Lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara;

Tuhan telah memberikan manusia fisik yang paling sempurna daripada maakhluk lain. manusia diciptakan memiliki dua telinga dan satu mulut. Pernahkah berpikir jika hal tersebut adalah sebuah pertanda jika Tuhan menginginkan kita lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara? Mulai dari sekarang Anda tidak perlu susah-susah membicarakan tentang keburukan orang lain. Anda juga tidak perlu berpendapat untuk orang lain jika mereka tidak menginginkannya. Cukup menjadi pendengar yang baik dan tidak memberi masukan yang bertele-tele, jika mereka berkeluh kesah dengan Anda merupakan sebuah pilihan bijak.

  1. Jangan hanya mendengarkan suara hati saja;

Mendengarkan suara hati memang diperlukan untuk mengetahui sejauh mana ekspektasi Anda akan sesuatu. Tetapi untuk mengetahui apakah itu sudah baik atau belum, Anda perlu mendengarkan pendapat orang lain. Simak baik-baik bagaimana lawan bicara Anda melontarkan motivasinya dan saring poin-poin penting untuk diaplikasikan ke dalam hidup Anda merupakan cara terbaik dalam menghadapi suatu dilema hidup.

  1. Menjalin komunikasi yang baik kepada siapapun terutama lawan bicara;

Menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain agar tidak ada kesalahpahaman di antara Anda dengan mereka mutlak diperlukan. Tujuannya adalah untuk saling bertukar informasi dan motivasi dengan seimbang dan terhindar dari permusuhan di kemudian hari.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menyikapi kata-kata bijak motivasi. Hal tersebut sangat diperlukan untuk membuat hidup Anda lebih bersemangat dan menjalin silaturahmi yang baik dengan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here