Home Blog 6 PERSIAPAN UNTUK LAKI – LAKI YANG INGIN MENIKAH

6 PERSIAPAN UNTUK LAKI – LAKI YANG INGIN MENIKAH

35811
0
SHARE

Menikah adalah ibadah. Tapi menikah tak cukup hanya bermodalkan cinta. Ia harus disertai dengan persiapan iman, ilmu, mental, fisik dan juga ekonomi. Nah, bagi sahabat yang memiliki rencana untuk menikah dalam waktu dekat ini, berikut ini ada 6 persiapan yang harus dipersiapkan. Apa saja kah itu ?

1. PERSIAPAN NIAT

Niat seringkali diremehkan. Padahal hal inilah yang membedakan pernikahan yang berkah dan yang tidak. Di luar sana banyak orang yang menikah hanya karena ingin sekedar merubah status. Ada juga yang menikah hanya karena ingin memanfaatkan harta dari pasangannya. Niatkanlah menikah dengan niat ibadah. Agar kita menjadi umat Rasulullah yang dicintai. Bukan karena ketampaan atau materinya yang berlimpah. Tapi karena agamanya yang baik.

2. PERSIAPAN ILMU

Siapa bilang kalau nikah itu gak perlu ilmu ? Justru perlu banget! Bila kita tidak memiliki ilmu, menikah hanya dijadikan sebagai pelampiasan kebutuhan biologis. Setelah bosan, maka berujung pada perceraian. Maka, ilmu menjadi sangat penting. Karena bila kita sudah memiliki ilmu, kita lebih mampu memahami bagaimana menjadi suami yang baik. Tahu bagaimana caranya memuliakan istri, menjadi seorang suami yang penuh perhatian dan penyayang, dan masih banyak lagi. Menjadi sebaik – baik pemimpin dan imam bagi keluarganya.

3. PERSIAPAN RUHIYAH

Menikah itu bukan akhir dari segala perjuangan kita. Justru, ini adalah momentum awal untuk lebih mendewasakan diri dan memantapkan keimanan. Perbanyak doa, dzikir yang membuat kedekatan kita semakin kuat dengan Allah.

4. PERSIAPAN FISIK

Perbanyak olahraga, minum susu, banyak makan buah, tidur yang teratur sangat penting untuk persiapan sebelum menikah. Bagi yang merokok, mulailah hentikan kebiasaan itu. Karena kelak ketika sudah berkeluarga anak kita tidak menjadi perokok pasif.

5. PERSIAPAN FINANSIAL

Ada yang bilang, “Wah saya belum siap nikah, belum mapan. Ntar kalo udah mapan baru nikah deh.” Ini adalah paradigma yang salah. Gimana kalau gak mapan – mapan ? Ga akan nikah juga ?

Yakinlah, saat kita menikah, Allah tambahkan rezeki kita. Kalau Anda lelaki yang punya semangat mencari karunia Allah, tahu caranya, berani melakukannya, dan tau peluang – peluangnya, jangan takut menikah. Bila sekarang masih merintis, InsyaAllah setelah menikah Allah akan mudahkan jalan untuk membesarkan usaha yang dirintis. Kucinya satu, yakin !

6. PERSIAPAN KELUARGA

Jika Anda sudah siap menikah dalam beberapa bulan lagi, mulailah memahamkan orangtua dengan apa yang ingin Anda lakukan. Jangan sampai saat sudah tiba waktunya, Anda siap tapi orangtua kaget dan bahkan tidak merestui. Justru, kita harus banyak meminta do’a dan dukungan mereka untuk mendoakan niat suci.

Jadi, sekarang coba tanyakan pada diri kita sendiri. Seberapa jauh persiapan yang sudah kita lakukan ? Bila sudah siap menikah, segerakan. Tapi jangan lupa lakukan persiapan agar kita mendapat berkahnya pernikahan.

Sumber Inspirasi : Buku Jangan Jatuh Cinta, Tapi Bangun Cinta

Setia Furqon Kholid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here