Home Blog MATERI TRAINING

MATERI TRAINING

50
0
SHARE

Materi Training – Motivasi belajar anak bangsa seharusnya dapat selalu dilakukan untuk terus memelihara semangat belajar para pelajar dan mahasiswa Indonesia. Generasi muda merupakan generasi penerus Bangsa Indonesia yang menjadi penentu bagaimana keberlangsungan kemajuan Negara Indonesia. Jika anak bangsa malas-malasan dalam belajar dan berkarya, entah bagaimana nasib Bangsa Indonesia selanjutnya.

Materi training motivasi belajar generasi muda, sebenarnya dapat dilakukan bukan hanya melalui cara formal di dalam kelas oleh guru dan petunjuk dari orang tua siswa di rumah saja. Tetapi juga dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan sesuai dengan usia dan tingkat pendidikan siswa tersebut. Misalnya anak Sekolah Dasar, pemberian materi training motivasi juga dilakukan berbeda dengan anak SMA dan mahasiswa.

Pemberian materi training mahasiswa bukan hanya berperan bagi masa depan bangsa, tetapi juga sudah berperan aktif di dalam roda pemerintahan, utamanya di bidang politik, seperti mengkritisi program pemerintah, kesejahteraan lingkungan sekitar, dan sebagainya. Pemberian materi pelatihan untuk mahasiswa seharusnya dibuat semenarik mungkin demi menghindari tidak acuhnya mahasiswa tersebut terhadap materi yang disampaikan.

Lantas, jika Anda sebagai seorang motivator, apa saja manfaat pemberian materi training motivasi kepada mahasiswa?

Berikut ulasannya :

  1. Pemberian materi training berguna bagi pencarian jati diri mahasiswa;

Ada beberapa anak sebelum memutuskan untuk masuk ke dunia perkuliahan sudah memikirkan terlebih dahulu jurusan apa yang pas untuknya. Umumnya, pada masa sekolah, anak tersebut sudah menemukan passion-nya di bidang apa. Misalnya, seorang anak yang pandai meggambar dan mendesain, ketika kuliah, ia akan menentukan jurusan desain grafis sebagai pilihannya. Namun, tidak menutup mata, banyak juga mahasiswa yang menjalankan proses perkuliahan dan belum menyadari apa sebenarnya yang menjadi tujuan hidupnya. Dengan memberikan materi training motivasi, mahasiswa dituntut untuk menemukan karakter, kemudian menemukan jati dirinya.

  1. Memberikan banyak ilmu sebagai bekal masa depan mahasiswa;

Mahasiswa yang mengikuti berbagai seminar dan materi training motivasi akan semakin banyak menampung ilmu dan bekal masa depannya setelah dia menemukan jati dirinya. Ilmu tersebut selanjutnya dapat bermanfaat dan berkontribusi minimal bagi lingkungan sekitarnya.

  1. Melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa;

Pemberian training motivasi juga dapat membentuk karakter mahasiswa sebagai seorang pemimpin. Bangsa Indonesia menaruh harapan penuh terhadap mahasiswa sebagai generasi intelektual yang dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih positif bagi kemajuan bangsa dan negara. Mahasiswa sebagai manusia terpelajar yang mempelajari berbagai jenis disiplin ilmu, selanjutnya diharapkan dapat menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah dan dikolaborasikan dengan jiwa kepemimpinan yang dia peroleh dari materi training motivasi.

  1. Melatih mahasiswa dalam melakukan sosialisasi terhadap orang lain dan lingkungan sekitar;

Melalui pemberian materi pelatihan kepada mahasiswa, selanjutnya diharapkan mahasiswa tersebut semakin terasah dalam melakukan sosialisasi dengan orang lain dan lingkungan sekitar, sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus dari bangku kuliah. Pemberian materi pelatihan yang menuntut mahasiswa untuk aktif dalam proses kegiatan pemberian materi tersebut, mendorong mahasiswa untuk mampu bersosialisasi dengan teman, trainer, maupun alam.

  1. Membuat mahasiswa dapat berpikiran terbuka dan mengontrol ego;

Pemberian materi training motivasi kepada mahasiswa selanjutnya juga dapat bermanfaat sebagai latihan bagi mahasiswa yang umumnya memiliki egoisme tinggi, untuk dapat mengontrol sifat egois tersebut dan berubah dengan memiliki keterbukaan pikiran yang mampu memecahkan berbagai persoalan dengan bijak.

Anda sebagai seorang motivator, juga harus menyesuaikan gaya penyampaian motivasi Anda jika berhadapan dengan mahasiswa, agar mereka merasa bahwa Anda bukanlah seorang guru, tetapi merupakan teman mereka. Dengan begitu, mereka dapat mengikuti berbagai materi pelatihan dengan hati dan pikiran yang terbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here