Home Blog MOTIVASI SUKSES

MOTIVASI SUKSES

111
0
SHARE

Motivasi Sukses – Apa definisi sukses menurut Anda? Mungkin Anda akan memberikan beragam jawaban atas pertanyaan tersebut. Tetapi jika mengambil benang merah dari pertanyaan di atas, rata-rata akan menjawab jika sukses adalah suatu keberhasilan dalam mencapai cita-cita. Siapa orang di dunia ini yang tidak memilih sukses atau lebih memilih untuk gagal? Sebagai orang waras, pasti tidak ada yang memilih sebuah kegagalan, meskipun setiap kesuksesan diawali dengan berbagai kegagalan.

Itulah mengapa motivasi sukses diperlukan. Melalui sebuah motivasi sukses, orang akan lebih terpacu dalam meraih sebuah kesuksesan. Yang perlu Anda tahu, motivasi sukses tidak harus dilakukan dengan mengikuti pelatihan khusus yang memakan banyak waktu. Justru motivasi sukses harus muncul dari dalam diri Anda sendiri.

Lalu, bagaimana cara menumbuhkan suatu motivasi sukses dari dalam diri. Berikut ini ulasannya :

1. Membuat skema tujuan;

Mengapa Anda perlu melakukan ini? membuat skema tujuan akan mempermudah Anda dalam memberikan gambaran kesuksesan Anda. Ingatlah, kesuksesan tidak diraih secara instan. Tapi, butuh tujuan yang jelas sebelum Anda melangkah. Dengan membuat tujuan, Anda akan selalu terpacu untuk mencapai tujuan tersebut. Hal itu akan menumbuhkan motivasi yang besar untuk Anda. Bagaimana cara membuat skema tujuan? Yang perlu Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan pertanyaan mengenai “apa” dan “mengapa”. “Apa” akan menjawab apa sebenarnya tujuan Anda. Dan, “mengapa” akan menjawab mengapa Anda harus mencapai tujuan tersebut.

2. Banyak mendengarkan kisah mengenai kesuksesan seseorang;

Anda dapat mencari seorang yang sukses menurut Anda. Anda dapat datang langsung ke tempatnya, saling berbagi, dan menggali ilmu sedalam-dalamnya dari kisah yang dituturkan oleh orang tersebut. Mencatat dan meresapi penuturan orang tersebut merupakan bagian yang tidak boleh Anda lupakan. Dengan mencatat, Anda dapat sewaku-waktu membuka rumus kesuksesan darinya, dengan meresapi Anda dapat mencerna dan mulai bersemangat dalam meraih kesuksesan Anda.

3. Banyak membaca;

Banyak membaca buku, tabloid, koran, atau portal media lainnya mengenai cerita sukses banyak orang, juga akan membuat Anda semakin terpacu dan termotivasi dalam meraih sebuah kesuksesan. Setiap orang yang sukses pernah gagal, dan kegagalan adalah suatu proses dalam mencapai kesuksesan. Dengan membaca banyak kisah, Anda dapat mengambil hikmah dari bagaimana orang-orang tersebut mengelola risiko atau kegagalan yang menghalangi tujuan dalam meraih kesuksesan.

4. Mengikuti seminar kesuksesan;

Pada setiap seminar, pasti akan selalu ada mentor yang akan berbagi rahasia sukses beserta cara mengelola kegagalannya. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk menciptakan kesuksesan Anda. Berbeda dengan orang sukses yang anda datangi pada poin nomor 2 yang kadang-kadang kurang bersahabat, melalui seminar otomatis mentor akan membuka pintu diskusi selebar-lebarnya dan blak-blakan dalam penyampaiannya.

5. Bergabung dalam komunitas;

Motivasi sukses untuk diri sendiri selanjutnya, adalah dengan berkumpul bersama komunitas. Misal, jika Anda ingin sukses dalam menjalankan usaha kuliner, maka Anda harus turut aktif bergabung bersama para pengusaha kuliner. Selain untuk menghindari persaingan yang tidak sehat, bergabung dengan komunitas serupa juga akan memberikan segudang manfaat bagi Anda. Misalnya, bisa saling bertukar pikiran berbagai hal, seperti peningkatan mutu makanan, pemilihan bahan baku, menekan biaya produksi tanpa mengurangi kualitas produk, dan sebagainya.

Itulah beberapa teknik yang harus Anda lakukan dalam menggapai kesuksesan. Satu yang perlu dan wajib Anda lakukan adalah jangan lupa berdoa dan meminta perlindungan serta kelancaran dari Allah. Karena setiap proses kehidupan tak terlepas dari campur tangan Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here