Home Blog MOTIVASI ISLAMI

MOTIVASI ISLAMI

108
0
SHARE

Motivasi Islami – Islam merupakan agama yang paling banyak penganutnya di Indonesia.  Itulah sebabnya mengapa motivasi islami sangat dibutuhkan. Tak hanya di kalangan ibu-ibu pengajian atau orang-orang dewasa, motivasi islami juga amat diperlukan oleh anak-anak muda. Pada era milenial seperti saat ini, banyak anak muda yang terjerumus ke dalam lembah hitam. Katakanlah mengenai pergaulan bebas. Dari tahun ke tahun selalu saja ada pemberitaan mengenai kenakalan remaja seperti narkoba, hamil di luar nikah, dan sebagainya.

Lantas bagaimana cara memberikan motivasi islami kepada remaja agar tidak membosankan tetapi tetap mengena.

Berikut ini beberapa caranya :

1. Menyisipkan motivasi islami dengan mendukung kegiatan positif komunitasnya;

Motivasi islami yang dapat diberikan kepada remaja adalah dengan mendorong komunitas remaja tersebut. Misalnya, jika komunitasnya berupa pecinta motor. Yang dapat Anda lakukan adalah dengan mendorong kegiatan positif yang dilakukan oleh komunitas pecinta motor. Tetapi tetap melakukan pengawasan agar tak salah jalur. Motivasi islami dapat Anda sisipkan, jika Anda bersahabat dengan mereka. Bukan hanya memandang negatif kegiatan yang mereka lakukan, apalagi sampai memusuhinya.

2. Poin lebih jika Anda sebagai seorang guru dengan memberikan motivasi di sekolah;

Jika Anda seorang guru, tentunya hal tersebut menjadi poin tambahan. Anda dapat mengusulkan kepada pihak sekolah mengenai kegiatan yang dapat dilakukan untuk memberikan jadwal khusus bagi remaja dalam rangka pemberian motivasi. Contohnya adalah dengan menjadwalkan kajian islami dengan cara menyenangkan. Cara yang menyenangkan, misalnya dengan menyisipkan hiburan-hiburan yang disukai remaja. Kompetisi menyanyikan lagu religi misalnya.

3. Memberikan motivasi di tempat menyenangkan;

Pemberian motivasi islami remaja umumnya dapat dilakukan di mana saja, merujuk kepada sifat seorang remaja yang mudah bosan. Motivasi yang dilakukan harus sesuai dengan gaya mereka. Jika dilakukan dengan cara umum seperti pengajian di masjid, dan lain-lain, umumnya motivasi malah tidak akan mengena. Sebaliknya, jika dilakukan di tempat-tempat tak umum seperti mengajak mereka berlibur ke pegunungan untuk mengadakan perkemahan, sambil memperkenalkan betapa hebatnya kuasa Allah, malah akan lebih menarik menurut mereka. Motivasi dapat dilakukan pada setiap kegiatan, misalnya ketika ketika waktu subuh tiba, mereka diharuskan untuk bangun dan sholat subuh, jika tidak mereka akan mendapat hukuman ringan.

4. Menjadi sahabat mereka;

Umumnya remaja tidak suka terlalu dikekang. Mereka akan merasa tidak nyaman bahkan benci jika terlalu dikekang oleh orang lain. Motivasi dapat mengena jika Anda berusaha menjadi sahabat mereka, bukan bersifat menggurui yang malah akan membuat mereka risih. Sebisa mungkin, Anda harus dapat memberikan materi motivasi islami sesuai dengan gaya mereka. Menyisipkan fenomena remaja saat ini sebagai topik pemberian materi juga dapat anda coba.

5. Memberikan materi motivasi islami dengan mencontohkan;

Apa jadinya jika Anda sebagai seorang motivator islami memberikan motivasi yang Anda sendiri belum pernah lakukan. Melakukan remaja untuk menjauhi berjudi padahal Anda sendiri adalah seorang pejudi. Secara umum otak manusia diciptakan kritis terhadap segala sesuatu. Apalagi otak remaja yang masih dalam proses pencarian jati diri. Motivasi islami yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan contoh jika Anda sebagai seorang motivator juga sudah melakukannya dan berdampak baik bagi diri Anda.

Itulah beberapa cara memberikan motivasi islami kepada seorang remaja. Yang perlu Anda ingat, remaja dan generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Apa jadinya bangsa kita jika kenakalan remaja terus dibiarkan tanpa ada tindakan preventif dari kita?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here