Home Blog MOTIVASI DIRI KERJA

MOTIVASI DIRI KERJA

7
0
SHARE

Motivasi Diri Kerja – Bekerja adalah kegiatan yang merupakan kewajiban semua manusia di dunia ini. Bayangkan, jika kita malas bekerja, kita akan menjadi sosok manusia tidak berharga yang tidak memiliki motivasi kehidupan. Tujuan dari bekerja tersebut pada intinya cuma satu, yaitu mencari uang. Tetapi dengan semakin berkembangnya zaman, tujuan bekerja dewasa ini bukan hanya sekadar mencari uang saja, ada tujuan lain yang ingin didapatkan seseorang dengan bekerja, seperti aktualisasi diri, pengalaman hidup, pengeksplorasian passion, dan masih banyak lagi lainnya.

Terlepas dari macam-macam tujuan seperti di atas, lebih daripada itu kita seharusnya juga memiliki motivasi diri kerja untuk mencari ridha dari Allah. Lantas, apa saja yang harus kita lakukan untuk mendapatkan ridha Allah dalam bekerja?

  1. Memilih pekerjaan yang halal;

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan ridha Allah dalam bekerja adalah dengan memilih pekerjaan yang halal. Terkadang, ada saja pekerjaan yang sebenarnya halal tetapi dalam prosesnya menggunakan cara yang tidak halal. Misalnya, pengusaha telur ayam yang memalsukan telurnya dan membuatnya dari bahan sintetis. Ada juga pekerjaan yang jelas-jelas haram dan tidak boleh dilakukan. Contohnya pencuri, penjambret, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kita harus pandai memilah-milah pekerjaan agar apa yang kita lakukan mendapatkan ridha Allah.

  1. Mendapat restu orang terdekat;

Untuk mendapatkan motivasi diri kerja yang diridhai Allah, kita harus meminta restu dan izin orang-orang terdekat kita. Misalnya jika kita belum menikah meminta izin orang tua dulu, atau meminta izin suami maupun istri kita jika sudah menikah. Dengan begitu, ketika kita mengalami down, akan ada banyak orang yang mendukung kita.

  1. Jujur dalam melakukan pekerjaan;

Untuk mendapatkan ridha Allah selanjutnya, yang tidak boleh kamu lupakan adalah ujur dalam melakukan pekerjaan. Jangan sampai kamu mencurangi orang lain, meskipun itu pesaingmu. Jika sebagai pedagang, wajib hukumnya kamu menjual barang dengan harga yang wajar, tidak mengurangi ukuran di timbangan, dan lain sebagainya.

  1. Selalu tersenyum dan berpikir positif;

Hal lain yang patut kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai adalah dengan selalu berpikir positif dan tersenyum. Selain itu, kamu juga harus mau bertawakal dan menyerahkan segala sesuatu kepada Allah. Dengan begitu, pekerjaan yang kamu lakukan akan terasa ringan.

Motivasi diri kerja di atas harus selalu kita terapkan dalam setiap melakukan pekerjaan, karena pada dasarnya pekerjaan yang kita lakukan akan terasa ringan dan penuh tantangan menyenangkan, jika kita mampu mengelola konflik dalam pekerjaan menjadi suatu warna-warni hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here