Home Blog MOTIVASI DIRI AGAR TIDAK PUTUS ASA

MOTIVASI DIRI AGAR TIDAK PUTUS ASA

61
0
SHARE

Motivasi Diri agar Tidak Putus Asa – Adalah hal yang manusiawi jika setelah mendapatkan musibah, kamu merasa patah semangat bahkan putus asa menghadapi kenyataan selanjutnya. Tetapi biar bagaimana pun juga, kamu harus selalu memiliki motivasi diri agar tidak putus asa, untuk segera membangkitkan semangat dalam dirimu.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memiliki niat yang kuat untuk kembali bangkit menghadapi segala halangan yang menghadang. Setelah niat tersebut terbentuk, selanjutnya kamu hanya perlu mengasah niat yang sudah tumbuh kembali menjadi sebuah pelajaran berharga yang akan membuatmu kembali bangkit dari keterpurukan.

Selain niat yang perlu kamu bulatkan, motivasi diri agar tidak putus asa dapat kamu lakukan melalui berbagai macam cara. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengevaluasi penyebab sebuah kegagalan;

Jika kamu gagal membangun usaha, kamu perlu mengevaluasi apa yang menyebabkan dirimu sampai gagal. Misalnya, segmentasi pasar yang kurang diperhitungkan, dan lain sebagainya. Pun begitu jika kamu gagal dalam pernikahan, kamu juga perlu mengevaluasi penyebab kegagalan dalam menjalin rumah tangga. Misalnya egomu, dan lain sebagainya.

  1. Berani memulainya kembali;

Kegagalan adalah keniscayaan dalam hidup. Berani memulai sesuatu yang baru setelah mengalami kegagalan, mungkin merupakan suatu hal yang sulit dilakukan, tetapi jika kamu sungguh-sungguh dan berani melakukannya, bukan tidak mungkin kebangkitanmu malah akan menjadi pecut yang memberikan motivasi diri agar tidak putus asa.

  1. Ikhtiar dan tawakal;

Dalam setiap melakukan sesuatu yang baru, yang patut kamu lakukan adalah dengan ikhtiar atau berusaha, yakni berusaha selalu optimal dalam tindakan atau jalan yang dipilih selanjutnya. Sedangkan tawakal adalah menyerahkan segala keputusan setelah melakukan suatu ikhtiar kepada Allah. Ikhtiar dan tawakal adalah kombinasi untuk memperbaiki suatu kegagalan menjadi benih keberhasilan.

  1. Bersiap untuk menerima kegagalan selanjutnya;

Bukan mustahil setelah mengalami kegagalan, kamu tidak langsung berhasil memulai sesuatu yang baru. Mungkin saja ada kegagalan susulan. Kamu harus mampu mengantisipasi setiap kegagalan yang akan datang dengan lebih bijak dan lebih matang. Selain itu, kamu juga harus lebih mampu mengelola emosi dan kejiwaan jika mendapat kegagalan susulan, dalam artian harus lebih sabar menghadapinya ketimbang kegagalan yang pertama.

Motivasi diri agar tidak putus asa patut kamu lakukan dan camkan dalam setiap tindakan, baik itu ketika memulai sesuatu yang baru, atau ketika bangkit dari kegagalan. Karena kegagalan merupakan proses menuju keberhasilan dan kesuksesan sejati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here